Prometheum Luncurkan Layanan Kustodian Ethereum, Tantang Industri Kripto AS!

author:

Array

Prometheum Luncurkan Layanan Kustodian Ethereum, Tantang Industri Kripto AS!

Jakarta, Pintu News – Baru-baru ini, perusahaan aset digital kontroversial Prometheum Capital telah meluncurkan layanan kustodian Ethereum dengan cara memperlakukan Ether sebagai sekuritas di bawah pengawasan Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Prometheum Pilih Ethereum Sebagai Layanan Kustodian

penurunan dominasi geth ethereum
Sumber: Bitcoin News

Dilansir dari The Block, Prometheum awalnya berencana menawarkan layanan ini pada kuartal pertama tahun 2024, setelah memilih Ethereum sebagai aset digital pertama untuk layanan kustodian kripto pada bulan Februari.

Baca juga: Vitalik Buterin Ungkap Rencana Besar untuk Tingkatkan Desentralisasi Ethereum!

Namun, mereka meluncurkan produk secara soft-launching dengan sekelompok kecil perusahaan yang tidak disebutkan namanya pada hari Jumat dan bermaksud untuk meluncurkan layanan kustodian sepenuhnya pada bulan Juni.

Co-CEO Prometheum Aaron Kaplan dilaporkan mengatakan kepada outlet tersebut bahwa layanan perdagangan akan dimulai dalam waktu satu kuartal.

“Ini menghilangkan banyak argumen yang tidak dapat dilakukan di bawah undang-undang yang ada,” kata Kaplan kepada Fortune.

“Ini menandai pertama kalinya… kontrak investasi keamanan aset digital disimpan dan diperlakukan di bawah undang-undang sekuritas.”

Lebih lanjut, klien institusional seperti perusahaan manajemen aset, hedge fund, bank, dan penasihat investasi terdaftar adalah beberapa target klien perusahaan ini. Perusahaan ini juga bermaksud untuk memperluas layanan kepada klien ritel pada tahun 2024.

Financial Industry Regulatory Authority (FINRA) mengizinkan perusahaan untuk menyediakan layanan kliring dan penyelesaian kripto melalui lisensi broker-dealer tujuan khusus pada bulan Desember. SEC memberikan lisensi tersebut kepada Prometheum pada Mei 2023.

Sikap Kontroversial Prometheum terhadap Kripto

Setelah mendapatkan lisensi dari SEC, Prometheum dengan cepat menarik kemarahan industri blockchain, yang sebagian besar menyarankan agar mata uang kripto tidak diperlakukan sebagai sekuritas, dengan mengambil pandangan yang berlawanan bahwa jalur hukum yang jelas untuk kripto di AS telah ada dengan mengoperasikan layanan kustodian dan perdagangan di bawah entitas yang terpisah dengan persetujuan dari SEC dan FINRA.

Baca juga: Ketua HKIIF Mengusulkan Stablecoin yang Dipatok CNY di Hong Kong!

Langkah Prometheum ini dilakukan karena SEC secara konsisten memperingatkan bahwa bursa kripto harus mendaftar ke badan tersebut.

Selama setahun terakhir, SEC mendakwa Coinbase, Binance, dan Kraken karena diduga beroperasi sebagai bursa, pialang, dealer, dan lembaga kliring yang tidak terdaftar. Sementara itu, perusahaan crypto berpendapat tidak mungkin untuk mendaftar dengan agensi.

Ketua SEC Gary Gensler telah mengisyaratkan bahwa Ethereum dapat menjadi sekuritas sementara Ketua Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi Rostin Behnam mengatakan bahwa ether akan menjadi komoditas, yang menyebabkan kebingungan di industri ini.

Masuknya Prometheum ke dalam Ethereum dapat memaksa SEC untuk mengambil keputusan, Fortune sebelumnya melaporkan.

Pada bulan Maret, Partai Republik yang dipimpin oleh Ketua Komite Jasa Keuangan DPR Patrick McHenry (R-N.C.) dan Komite Pertanian DPR Glenn Thompson (R-PA) mengatakan bahwa SEC pertama-tama harus memutuskan apakah ether merupakan keamanan bagi Prometheum untuk menyimpannya.

Minggu lalu, pengajuan yang baru ditemukan menunjukkan SEC berpotensi mempertimbangkan eter sebagai keamanan di tempat yang mungkin Ethereum Penolakan ETF minggu ini, memperburuk kekhawatiran setelah SEC mengeluarkan pemberitahuan Wells terhadap pengembang ekosistem Ethereum, Consensys, pada bulan April.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Crypto Times

Array