Program Percontohan Regulasi Crypto di AS: Komisioner CFTC Caroline Pham Usulkan Hal Ini!

Program Percontohan Regulasi Crypto di AS: Komisioner CFTC Caroline Pham Usulkan Hal Ini!

Dalam era digital yang semakin berkembang, regulasi crypto menjadi topik hangat di banyak negara, termasuk Amerika Serikat. Caroline Pham, Komisioner dari Commodity Futures Trading Commission (CFTC) AS, baru-baru ini mengusulkan program percontohan terbatas untuk mengatasi tantangan regulasi crypto.

Apa yang mendorong usulan ini dan bagaimana dampaknya bagi industri crypto? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengapa Program Percontohan?

program percontohan regulasi crypto
Sumber: Cato CMFA

Dilansir dari Cointelegraph, Caroline Pham, dalam pidatonya untuk acara Cato Institute pada 7 September 2023, menekankan pentingnya program percontohan bagi pasar aset digital. Menurutnya, AS mungkin perlu “mengejar ketertinggalan” dengan negara-negara yang lebih ramah crypto.

Pham berpendapat bahwa program percontohan dapat menciptakan kerangka kerja untuk teknologi dan struktur pasar yang sedang muncul di bawah hukum dan regulasi yang ada. Tujuannya adalah untuk menguji, mengumpulkan data, dan mengembangkan pendekatan pragmatis terhadap tokenisasi.

Dia menyerukan pembentukan meja bundar stakeholder dan mengajak CFTC untuk mengusulkan dan mengadopsi aturan berdasarkan program percontohan sebelumnya. Setelah program selesai, komisi akan menentukan apakah perubahan harus diterapkan secara permanen.

Baca Juga: Meski Dihantam Regulasi, Perusahaan Crypto akan Tetap Bertahan di Amerika Serikat

Latar Belakang: Upaya CFTC Sebelumnya

caroline pham cftc
Sumber: Fortune

Caroline Pham telah menjabat di CFTC sejak April 2022 dan telah meminta kejelasan lebih lanjut mengenai regulasi crypto. Selain mendukung Komite Penasihat Pasar Global CFTC, dia telah mengusulkan inisiatif yang bertujuan melindungi investor ritel crypto.

Usulan program percontohan ini muncul setelah upaya legislator AS untuk menjelaskan peran CFTC dan Securities and Exchange Commission dalam regulasi crypto. Pada bulan Juli, Komite Layanan Keuangan DPR menyetujui Financial Innovation and Technology for the 21st Century Act.

Pham menekankan bahwa AS harus proaktif dalam menghadapi peluang yang ditawarkan oleh teknologi blockchain dan aset digital, alih-alih mengambil pendekatan “wait and see”.

Baca Juga: Senator Wanita Amerika Ini Bangkitkan Kembali Upaya Regulasi Crypto di Tengah Gugatan SEC

Apa Selanjutnya untuk Regulasi Crypto di AS?

Pham menyarankan agar CFTC memulai program percontohan pertama untuk pasar aset digital di AS. Dia percaya bahwa kerangka kerja berbasis prinsip CFTC cocok untuk inovasi dalam teknologi, produk baru, dan struktur pasar.

Dia menekankan pentingnya menjalankan program percontohan untuk periode waktu tertentu yang mencakup banyak komponen dari program percontohan sebelumnya, termasuk persyaratan pendaftaran, manajemen risiko, dan persyaratan lainnya.

Dengan pendekatan ini, Pham berharap AS dapat tetap berada di garis depan industri crypto, memastikan pertumbuhan ekonomi sambil memanfaatkan teknologi yang ada.

Usulan program percontohan oleh Komisioner Pham menunjukkan komitmen CFTC untuk memastikan industri crypto berkembang dengan cara yang teratur dan aman. Dengan pendekatan yang tepat, AS dapat memimpin revolusi crypto sambil memastikan perlindungan konsumen dan integritas pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: