Hong Kong Sambut Industri Crypto dengan Lisensi Baru: Peluang atau Tantangan?

Hong Kong Sambut Industri Crypto dengan Lisensi Baru: Peluang atau Tantangan?

Hong Kong telah meluncurkan program lisensi untuk perusahaan crypto yang melayani trader ritel, yang mungkin menjadi peluang bagi kota tersebut di tengah sikap regulator AS yang lebih berhati-hati.

Minat untuk mendirikan bisnis di Hong Kong tampaknya meningkat di kalangan operator aset digital, termasuk bursa, sejak regulator setempat merinci program lisensi mereka awal tahun ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Hong Kong Sebagai Pusat Gravitasi Industri Crypto

hongkong pusat gravitasi crypto
Sumber: CNBC

Dilansir dari Blockworks, Galaxy Digital baru-baru ini memperkuat kehadiran mereka di Hong Kong. Jason Urban, kepala global perdagangan perusahaan tersebut, mengatakan bahwa keterbukaan baru Hong Kong terhadap ritel crypto telah menarik talenta dan modal baru, memberikan industri kesempatan untuk membangun operasi di Asia lebih lanjut, dengan menggunakan Hong Kong sebagai pusat gravitasi.

Alvin Kan, kepala Asia Sei Labs, mengatakan bahwa Asia berpotensi menjadi area pertumbuhan yang sangat mampu untuk seluruh industri Web3. Dia menambahkan bahwa cara “hal-hal terjadi di AS” telah menambah kemungkinan di luar Amerika Serikat.

Baca Juga: Circle, Penerbit Stablecoin USDC, Mengincar Ekspansi di Pasar Hong Kong

Lisensi Trading Crypto di Hong Kong

hashkey trading crypto
Sumber: Tech in Asia

HashKey, exchange crypto berbasis di Hong Kong, mendapatkan lisensi pertama Hong Kong untuk memfasilitasi perdagangan crypto spot dengan pelanggan ritel. Sebelumnya, perusahaan yang hanya berurusan dengan institusi sudah diizinkan untuk mendapatkan persetujuan terpisah dari Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong.

Proses di balik lisensi ritel ini agak samar, dengan sedikit indikasi tentang perusahaan mana yang bisa mendapatkan persetujuan selanjutnya. CoinDesk melaporkan bahwa mendapatkan lisensi bisa memakan biaya sekitar $15 juta hingga $20 juta bagi sebuah bursa.

Baca Juga: Hong Kong Bentuk Satuan Tugas Khusus Web3, Bakal Dominasi Era Digital?

Hong Kong dan Ambisi Crypto

Hong Kong juga telah berusaha memperkuat kredensial crypto mereka di tempat lain. Pemerintah mereka mendirikan “task force” Web3 awal tahun ini yang dirancang untuk meneliti dan memberikan rekomendasi untuk “pengembangan Web3 yang berkelanjutan dan bertanggung jawab di Hong Kong.

Regulator keuangan di Hong Kong menciptakan program untuk manajer dana yang melakukan perdagangan produk investasi crypto secara eksklusif untuk mendaftar, membuka jalan bagi manajer investasi alternatif yang berfokus pada aset digital dengan mitra terbatas institusional.

Dengan program lisensi baru ini, Hong Kong mungkin telah menempatkan dirinya dalam posisi untuk memanfaatkan perusahaan yang mencari perlindungan dari pengetatan regulasi di tempat lain. Bagaimana ini akan mempengaruhi industri crypto dan pasar global di masa depan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: