Terjual Habis Rp958 Juta, Produser Lagu Rihanna Jual Royalti Lagu Andalan Sebagai NFT!

Terjual Habis Rp958 Juta, Produser Lagu Rihanna Jual Royalti Lagu Andalan Sebagai NFT!

Dilansir dari Decrypt, sebagian kecil royalti dari lagu hits Rihanna “Bitch Better Have My Money” baru saja didistribusikan kembali kepada 205 orang melalui 300 NFT dalam koleksi yang terjual habis, menurut data kontrak Etherscan.

Jamil “Deputy” Pierre, yang memproduseri lagu Rihanna tahun 2015 bersama co-produser Kanye West tampaknya telah meminta bantuan startup crypto yang berbasis di Eropa, AnotherBlock, untuk menjual 0,99% hak royalti streamingnya atas lagu tersebut dalam bentuk 300 NFT.

Koin AnotherBlock Untuk Lagu Rihanna Terjual Habis Rp958 Juta

Koin AnotherBlock Untuk Lagu Rihanna Terjual Habis Rp958 Juta
Sumber: CBS Sport

Setiap token blockchain menunjukkan bahwa pemegangnya memiliki lebih dari 0,0033% hak royalti lagu tersebut, menjamin kepemilikan “seumur hidup” atas bagian hak cipta tersebut, dan memberikan pemegangnya sejumlah hak streaming dari rekaman master.

Beberapa hari yang lalu, koin AnotherBlock untuk lagu Rihanna telah terjual habis dengan cepat dan menghasilkan $63.000 yang setara dengan Rp958.608.000 (kurs $1 = Rp15.216). Dengan nilai $210 per 0,0033% lagu, royalti streaming lagu tersebut bisa bernilai hingga $6,36 juta.

Tidak ada informasi yang pasti mengenai berapa persentase royalti yang masih dimiliki Deputi secara pribadi setelah penjualan, karena Ownership Agreement NFT yang ditandatangani yang dipublikasikan ke situs tersebut tidak merinci total kepemilikan Deputi. Namun, menurut informasi dari sebuah sumber total pemotongan royalti untuk produser biasanya kurang dari 5% untuk lagu tertentu.

Perjanjian tersebut mengatakan bahwa Deputi mengontrak AnotherBlock untuk mengurus minting NFT atas namanya. Kontrak tersebut juga memungkinkan NFT dijual kepada orang lain, dan dikatakan bahwa Deputi harus membayar royalti streaming kepada holder NFT setidaknya dua kali setahun.

Baca Juga: Terinspirasi dari NFT CryptoPunks, Steve Aoki dan ‘3LAU’ Buat Grup Musik PUNX

Persentase Royalti Untuk Lagu Rihanna Adalah Sekitar 6,5% Per Tahun

Persentase Royalti Untuk Lagu Rihanna Adalah Sekitar 6,5% Per Tahun
Sumber: Metaverse Post

Situs web AnotherBlock mengatakan bahwa “kemungkinan” pengembalian NFT untuk lagu Rihanna adalah sekitar 6,5% per tahun, atau sekitar $13,65 per tahun yang setara dengan Rp207.698 (kurs $1 = Rp15.216).

Ini berarti para pembeli membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk mendapatkan kembali investasi awal mereka, yang menunjukkan bahwa hal ini lebih mungkin ditafsirkan sebagai pengalaman Web3 yang baru bagi para penggemar Rihanna, bukan investasi finansial yang nyata.

Pasalnya, menjual persentase hak musik sebagai NFT ini bukanlah yang pertama kali. Beberapa waktu yang lalu, platform musik Web3 Justin “3LAU” Blau, Royal, berhasil mengumpulkan $16 juta dan meluncurkan pasar hak musik pada November 2022. Royal melaporkan bahwa mereka telah membayar lebih dari $132.000 dalam bentuk royalti kepada para kolektor NFT.

Referensi: