Privasi Pengguna Crypto di Amerika Serikat Terancam, Apa yang Terjadi?

Privasi Pengguna Crypto di Amerika Serikat Terancam, Apa yang Terjadi?

Pengguna crypto di Amerika Serikat sedang berjuang untuk melindungi privasi mereka. Sebuah kelompok advokasi crypto bernama DeFi Education Fund (DEF) telah mengajukan amicus brief untuk mendukung banding terhadap layanan Internal Revenue Service (IRS) AS. Ini terkait dengan perintah pengadilan 2017 yang memaksa Coinbase untuk menyerahkan data lebih dari 14.300 penggunanya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

DEF Berjuang untuk Hak Privasi Pengguna Crypto

defi education fund
Sumber: Akun X Defi Education Fund

DEF telah mengajukan amicus brief ke Pengadilan Banding AS untuk Sirkuit Pertama pada 20 Oktober, mendukung banding James Harper terhadap IRS. Ini merupakan bagian dari perjuangan untuk mencegah pemerintah AS memiliki akses tanpa batas ke riwayat transaksi pengguna di platform crypto.

Harper adalah salah satu dari 14.355 pengguna Coinbase yang data mereka diserahkan oleh bursa crypto ke IRS setelah perintah pengadilan pada 2017, yang memicu perjuangan untuk hak privasi digital yang lebih kuat.

DEF berpendapat bahwa Amendemen Keempat perlu direvisi untuk menyeimbangkan kekuatan investigasi penegak hukum dan hak individu untuk privasi finansial di era digital. Amendemen Keempat Konstitusi AS melindungi orang dari pencarian dan penyitaan yang tidak masuk akal oleh pemerintah.

Baca Juga: Proyek Privasi Railgun DAO Mengadopsi Alat “Proof of Innocence” dari Chainway

Transaksi Crypto dan Privasi Pengguna

transaksi crypto dan privasi pengguna
Sumber: Amanda Tuminelli

Kelompok advokasi ini juga menunjuk ke kasus Carpenter vs. Amerika Serikat untuk berpendapat bahwa Amendemen Keempat bertujuan untuk membatasi kapasitas pemerintah AS untuk mendapatkan data dari platform pihak ketiga seperti Coinbase.

DEF menjelaskan bahwa karena transaksi crypto dapat dilacak di buku besar publik, maka dimungkinkan untuk menghubungkan identitas nyata dengan alamat pseudonim mereka. Ini berdampak pada mata pencaharian semua 14.355 pengguna dalam kasus Coinbase.

DEF menjelaskan: “Ini memberikan pemerintah gambaran ‘rinci, ensiklopedis, dan mudah disusun’ tentang kehidupan Harper dan 14.354 orang lainnya,” tambah DEF. Tingkat wawasan ini jauh melampaui apa yang dapat dicapai melalui catatan perbankan tradisional, kata kelompok lobi tersebut.

Baca Juga: Cardano Perkenalkan Midnight: Sidechain dengan Fokus Privasi yang Siap Ubah Dunia Blockchain!

Harper vs. Werfel dan Dampaknya pada Hak Privasi Digital

Keputusan akhir dari Harper vs. Werfel dan Layanan Pendapatan Internal diharapkan akan menetapkan preseden untuk hak privasi digital dan langkah-langkah penegakan hukum di Amerika Serikat. Misi DeFi Education Fund adalah untuk mendidik pembuat kebijakan tentang manfaat keuangan terdesentralisasi dan mencapai kejelasan regulasi untuk ekosistem DeFi.

Pertarungan ini bukan hanya tentang privasi pengguna crypto di Amerika Serikat, tetapi juga tentang bagaimana teknologi blockchain dan crypto dapat mempengaruhi privasi finansial di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: