Capek Bergantung Sama Dolar AS, Presiden Venezuela Dukung Crypto?

Capek Bergantung Sama Dolar AS, Presiden Venezuela Dukung Crypto?

Dilansir dari laman Bitcoin.com, Presiden Venezuela Nicolas Maduro telah menyatakan dukungannya untuk adopsi mata uang bersama baru untuk Latam dalam pertemuan kelompok kerja forum Sao Paolo.

Maduro menyatakan bahwa gagasan ini akan menjadi langkah penting untuk pembangunan ruang ekonomi bersama yang juga akan memasukkan cryptocurrency sebagai elemen penting. Apa yang membuat sang presiden yakin untuk mengadopsi mata uang digital ini? Simak informasi selengkapnya seperti dikutip dari Bitcoin.com berikut ini.

Maduro Mendukung Proyek Mata Uang Tunggal untuk Latam

Maduro Mendukung Proyek Mata Uang Tunggal untuk Latam
Código Espagueti

Código Espagueti

Presiden Venezuela Nicolas Maduro telah mengisyaratkan dukungannya terhadap gagasan mata uang tunggal untuk semua negara di Latam sebagai cara membangun ruang ekonomi bersama. Sebagai bagian dari partisipasinya dalam pertemuan kelompok kerja Forum Sao Paolo, sebuah kelompok partai berhaluan kiri-tengah, Maduro menyatakan:

“Ada yang mengusulkan penggunaan mata uang tunggal, mari kita bahas, itu ide yang luar biasa!”

Maduro menjelaskan bahwa perubahan politik baru-baru ini yang dihadapi Latam, dengan kemenangan Presiden Luis Inacio Lula Da Silva di Brasil, telah memungkinkan gelombang inisiatif baru yang berupaya memisahkan wilayah tersebut dari pengaruh mata uang asing.

Bagaimana Tanggapan Para Politisi Latam Terhadap Gagasan Ini?

Bagaimana Tanggapan Para Politisi Latam Terhadap Gagasan Ini?
Bloomberg Línea

Maduro mengatakan bahwa semua pihak harus berusaha agar setiap orang dapat mendengar dan memahami gagasan terhadap proyek mata uang tunggal untuk Latam tersebut dan menyetujui pembangunan ruang ekonomi bersama.

Baca Juga: Kazakhstan Tengah Bersiap Legalkan Aset Crypto

Presiden dan politisi zona lainnya juga telah mengusulkan gagasan untuk mengadopsi mata uang tunggal di wilayah tersebut. Ini adalah salah satu janji yang dibuat Lula selama masa kampanyenya.

Lula menjelaskan bahwa gagasan penggunaan mata uang ini akan mengurangi pengaruh dolar AS di zona tersebut. Ia juga mengatakan bahwa pemerintah Latam tidak dapat terus bergantung pada dolar. Roy Barradas, presiden Kongres Kolombia, juga menyetujui proposal Lula tersebut saat pelantikan Presiden Petro.

Maduro Ajukan Sistem Crypto Multi-Currency

Maduro Ajukan Sistem Crypto Multi-Currency
CoinDesk

Maduro baru saja membuat proposal yang menjelaskan sistem multi-currency yang dapat diadopsi di Latam seperti yang dilakukan Venezuela saat ini. Maduro menambahkan bahwa cryptocurrency adalah elemen kunci dalam proposal baru ini.

Maduro menjelaskan:

“Kita harus menyetujui pembangunan sistem moneter yang memperhitungkan mata uang seperti cryptocurrency. Sistem moneter abad ke-21 tidak akan terwujud tanpa adanya cryptocurrency”.

Venezuela adalah salah satu negara pertama yang meluncurkan mata uang crypto sendiri bernama Petro pada tahun 2018. Terletak di bagian selatan benua Amerika, saat ini Venezuela yang berjumlah penduduk 28,7 juta jiwa merupakan salah satu negara dengan kerangka hukum mata uang crypto dan crypto mining yang mapan.

Terhitung sejak artikel ini diterbitkan, sudah banyak negara – negara yang mengadopsi cryptocurrency, salah satunya El Salvador. Dikutip dari Worldometer, El Salvador adalah negara di Amerika Tengah dengan jumlah penduduk sebanyak 6,5 juta orang (data per November 2022). Simak berita selengkapnya mengenai Rancang UU Khusus Cryptocurrency, El Salvador Makin ‘Pro’ Sama Crypto di sini.

Referensi: