Presiden Pro-Bitcoin El Salvador, Nayib Bukele, Siap Bertarung di Pemilu 2024!

Presiden Pro-Bitcoin El Salvador, Nayib Bukele, Siap Bertarung di Pemilu 2024!

Presiden El Salvador, Nayib Bukele, yang dikenal sebagai pendukung kuat cryptocurrency, telah resmi mendaftarkan diri untuk kembali bertarung dalam pemilihan presiden yang akan datang. Meski mendapat kritik, langkah ini disambut hangat oleh publik. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bukele dan Ambisi Bitcoin-nya

bukele dan ambisi bitcoinnya
Sumber: Akun X Eduardo Menoni

Nayib Bukele, presiden pro-Bitcoin El Salvador, telah mengajukan berkas untuk kembali maju dalam pemilihan presiden mendatang. Partai penguasa El Salvador, Neuva Ideas, resmi menominasikan Bukele sebagai calon presiden mereka pada 26 Oktober.

Keputusan ini disambut hangat oleh publik menjelang pemilihan yang akan diadakan pada Februari 2024. Bukele menjadi presiden El Salvador pada 2019 setelah Neuva Ideas berkuasa, yang saat ini merupakan partai politik paling populer di negara tersebut.

El Salvador menjadi sorotan berkat upaya presiden Bukele untuk menjadikannya negara yang ramah Bitcoin. Negara ini menjadi negara pertama di dunia yang menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran legal pada September 2021. Bukele juga telah membeli Bitcoin secara bertahap selama beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: El Salvador Jadi Calon ‘Singapore of The Americas’ Berkat Bitcoin! Apa Artinya?

Kontroversi dan Kritik

Meski populer di kalangan penduduk lokal, kritikus seperti pengacara Salvadoran, Alfonso Fajardo, berpendapat bahwa konstitusi negara melarang Bukele mencari masa jabatan kedua secara berturut-turut.

“Hari ini adalah hari yang baik untuk mengingat bahwa pemilihan presiden secara langsung dilarang hingga 7 kali oleh Konstitusi,” katanya pada 26 Oktober, dikutip dari Cointelegraph, Selasa (31/10/2023).

Namun, pada September 2021, Mahkamah Agung El Salvador memutuskan bahwa presiden dapat mencalonkan diri untuk pemilihan berturut-turut. Neuva Ideas didukung oleh 70% populasi pemilih negara itu, menurut Reuters, yang mengutip studi oleh universitas Salvadoran. Kompetitor terdekatnya hanya menerima 4% suara total.

Baca Juga: Pro Bitcoin Sejak 2021, El Salvador Tunjukkan Stabilitas Keuangan Negara di Tengah Krisis Perbankan!

Masa Depan El Salvador di Bawah Bukele

Pemerintahan Bukele juga telah menerapkan kebijakan ramah teknologi lainnya yang bertujuan memperkuat ekonomi negara, seperti menghapus semua pajak pada inovasi teknologi. Gabor Gurbacs, penasihat strategi di VanEck, baru-baru ini mengatakan bahwa El Salvador memiliki potensi untuk menjadi “Singapura Amerika.”

Meski kontroversi dan kritik mengiringi langkah Bukele, dukungan publik yang kuat menjadi modal utama presiden pro-Bitcoin ini untuk kembali bertarung dalam pemilihan presiden 2024. Apakah Bukele akan kembali memimpin El Salvador dan melanjutkan ambisinya dalam dunia crypto?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: