Presiden Polygon Labs Bicara Masa Depan Web3 dan Blockchain, Apa Saja Keunggulannya?

author:

Presiden Polygon Labs Bicara Masa Depan Web3 dan Blockchain, Apa Saja Keunggulannya?

Pada tanggal 8 Juni 2023, Sub-komite Inovasi, Data, dan Perdagangan dari Komite Energi dan Perdagangan DPR Amerika Serikat berkumpul untuk membahas potensi teknologi blockchain dan masa depan Web3.

Tokoh-tokoh penting dari industri crypto, seperti Presiden Polygon Labs Ryan Wyatt, bersama dengan para ahli hukum, berpartisipasi dalam dialog produktif dan penuh wawasan dengan komite tersebut.

Mengatasi Masalah ‘Ekstraksi Nilai’ di Internet

ryan wyatt polygon labs
Twitter

Per 8 Juni 2023 kemarin, melalui cuitan akun Twitternya, Ryan Wyatt, Presiden Polygon Labs, mengumumkan bahwa ia berkesempatan untuk memberikan kesaksian di sub-komite Inovasi, Data & Perdagangan pada sidang Kongres yang berfokus pada edukasi kepada para anggota parlemen.

Menurut lapotan, Wyatt memulai diskusi dengan membahas masalah fundamental yang diselesaikan oleh blockchain, yakni masalah “ekstraksi nilai” di internet. Dia menjelaskan bahwa dalam era internet saat ini, Web2, perusahaan teknologi besar yang terpusat mengambil nilai dari pengguna dengan membebankan biaya untuk barang dan jasa serta mengumpulkan data pengguna untuk keuntungan mereka.

Dalam model ini, pengguna internet sering kali tidak memiliki kontrol penuh atas data mereka sendiri. Sebaliknya, perusahaan-perusahaan besar memiliki akses ke data pengguna dan dapat menggunakannya untuk berbagai tujuan, sering kali tanpa pengetahuan atau persetujuan pengguna.

Baca juga: Platform NFT, Enjin, Menyatukan Polkadot Parachain dan Luncurkan Blockchain Baru!

Menurut Wyatt, blockchain memecahkan masalah tersebut dengan mendemokratisasi internet dan menciptakan Web3, yang didasarkan pada sistem yang terdesentralisasi dan transparan.

Web3: Masa Depan Internet yang Lebih Demokratis

Lebih lanjut, dengan menggunakan kriptografi dan jaringan komputer, blockchain menghilangkan kebutuhan akan otoritas pusat. Dalam model Web3, pengguna dapat mengendalikan data mereka dan memilih kapan, bagaimana, dan apakah mereka ingin membagikannya dengan aplikasi dan layanan.

Dengan demikian, teknologi blockchain memberdayakan pengguna dengan memberi mereka kontrol lebih besar atas data mereka dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan nilai dari data mereka sendiri.

Hal ini menciptakan model baru untuk internet, di mana pengguna memiliki lebih banyak otonomi dan di mana nilai yang dihasilkan oleh data dan aktivitas pengguna dibagi lebih adil. Ini juga merupakan sebuah perubahan paradigma yang signifikan dan menunjukkan bagaimana teknologi blockchain dapat digunakan untuk menciptakan internet yang lebih adil dan demokratis.

Wyatt menekankan bahwa teknologi blockchain memiliki potensi besar, menyoroti nilai yang dapat diberikannya kepada pengguna. Dia juga menekankan pentingnya membina ekosistem blockchain yang kuat dan diatur dengan baik di Amerika Serikat.

Membangun Ekosistem Teknologi Blockchain di Amerika Serikat

Selanjutnya, Wyatt berpendapat bahwa membangun ekosistem teknologi blockchain di Amerika Serikat akan menguntungkan masyarakat Amerika dengan mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di sektor teknologi dan non-teknis.

Selain itu, dengan memanfaatkan transparansi blockchain dan menyesuaikan regulasi dengan teknologi baru, dapat memungkinkan perlindungan konsumen yang lebih baik. Wyatt menekankan bahwa lingkungan regulasi saat ini adalah hambatan yang signifikan dan dengan membina ekosistem blockchain yang diatur dengan baik, Amerika Serikat dapat mempertahankan keunggulannya dan memastikan industri teknologi berkembang di dalam negeri.

Baca juga: Di Tengah Tuntutan SEC, Transaksi Besar Polygon (MATIC) Melonjak 742%

“Ketika regulasi tidak sesuai dengan teknologi baru yang ada, Amerika Serikat akan kehilangan keunggulan kompetitifnya dibandingkan negara lain.”

Dalam kesimpulannya, Wyatt menekankan bahwa teknologi blockchain dan Web3 memiliki potensi besar untuk mendemokratisasi internet dan memberdayakan pengguna. Dengan kerja sama yang tepat antara industri dan pemerintah, AS dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan melindungi konsumen.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: