Presiden Brasil Teken Regulasi Crypto Baru: Brasil Naik Tingkat, Bagaimana Dengan Negara Lain?

Presiden Brasil Teken Regulasi Crypto Baru: Brasil Naik Tingkat, Bagaimana Dengan Negara Lain?

Crypto di Brasil semakin melebarkan sayapnya berkat langkah-langkah yang dilakukan oleh Presiden Luiz Inácio Lula da Silva atau yang lebih akrab dikenal sebagai Lula.

Lula baru saja menandatangani peraturan pemerintah No. 11.563 pada 14 Juni 2023 yang memberikan penjelasan peran serta fungsi dari bank sentral dan regulator sekuritas terkait mata uang crypto.

Presiden Brasil Tanda Tangani Dekrit Pemerintah

Presiden Lula baru-baru ini menandatangani dekrit pemerintah No. 11.563, yang membentuk aturan di bawah undang-undang Desember 2022 mengenai kerangka hukum crypto di Brasil.

Legislatif ini memberi otoritas kepada Bank Sentral Brasil untuk mengatur dan mengawasi penyedia layanan aset virtual dan memastikan banyak proyek token yang memenuhi kriteria sebagai sekuritas tetap berada di bawah pengawasan Comissão de Valores Mobiliários, atau CVM — ekuivalen Brasil dari Komisi Sekuritas dan Pertukaran Amerika Serikat.

Baca Juga: Makin Dirangkul, Bank Tertua di Brasil Izinkan Warga Bayar Pajak Pakai Crypto?

Menurut laporan dari Cointelegraph Brasil, CVM berencana untuk menciptakan kerangka regulasi yang lebih sesuai dengan volume perdagangan crypto di negara tersebut dan pasar baru yang muncul.

Berdasarkan pemberitahuan tersebut, dekrit ini akan mulai berlaku pada 20 Juni 2023 tanpa mengganggu undang-undang tertentu tentang perlindungan konsumen dan kejahatan keuangan.

Bank Sentral Brasil Mulai Percobaan CBDC

crypto brasil
Sumber: Forbes India

Dekrit ini muncul di tengah harapan bahwa bank sentral Brasil akan memulai proyek percobaan untuk mata uang digital bank sentral, atau CBDC, bekerja sama dengan perusahaan pembayaran besar, termasuk Visa dan Mastercard.

Bank akan menguji fungsi privasi dan programabilitas platformnya untuk peluncuran potensial real digital.

Baca Juga: Survei: Lebih dari 12.000 Perusahaan di Brasil Miliki Aset Crypto!

Dengan salah satu pasar terbesar di Amerika Selatan, Brasil merupakan rumah bagi bursa kripto Mercado Bitcoin, dan telah memberi lisensi kepada penyedia pembayaran asing, termasuk Crypto.com dan Bitso.

Pada Maret 2023, bursa crypto Amerika Serikat, Coinbase mengumumkan telah bekerja sama dengan perusahaan lokal untuk menawarkan pembelian crypto bagi penduduk Brasil.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: