Sebelum Lengser, Presiden Brasil Sahkan Crypto Sebagai Alat Pembayaran!

Sebelum Lengser, Presiden Brasil Sahkan Crypto Sebagai Alat Pembayaran!

Jair Bolsonaro, presiden Brasil yang akan meninggalkan jabatannya pada 31 Desember 2022, telah menandatangani undang-undang yang bertujuan untuk melegalkan penggunaan crypto sebagai metode pembayaran di negara tersebut.

Dalam publikasi jurnal resmi pemerintah federal Brasil pada 22 Desember 2022 yang lalu, kantor pemerintah Bolsonaro mengatakan bahwa presiden telah menandatangani RUU 14.478 menjadi undang-undang setelah mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Negara.

Bagaimana pandangan pemerintah Brasil dalam mengatur regulasi crypto? Simak informasi selengkapnya seperti dilansir laman Cointelegraph berikut ini.

Pemerintah Brasil Dukung Adopsi Crypto dan Siapkan Regulasi Keamanannya

Pemerintah Brasil Dukung Adopsi Crypto dan Siapkan Regulasi Keamanannya
VOI

Selain mengesahkan crypto sebagai salah satu alat pembayaran di Brasil, regulasi ini juga memberikan lisensi bagi penyedia layanan aset virtual dan menetapkan hukuman terhadap penipuan aset digital.

Baca Juga: Survei: Lebih dari 12.000 Perusahaan di Brasil Miliki Aset Crypto!

Pengumuman Bolsonaro tidak menunjukkan agen federal mana yang bertanggung jawab untuk mengawasi pembayaran crypto ini. Namun, seperti halnya Amerika Serikat, aset digital yang dianggap sekuritas di Brasil ini berada di bawah ranah regulasi Komisi Sekuritas dan Bursa Brasil.

Undang-undang Pembayaran Crypto Brasil Berlaku Juni 2023

Undang-undang Pembayaran Crypto Brasil Berlaku Juni 2023
Financial Times

Undang-undang crypto ini kemungkinan akan berlaku pada Juni 2023. Bolsonaro dijadwalkan lengser dari jabatannya sebagai presdien Brasil dalam hitungan hari. Setelah itu Luiz Inácio Lula da Silva, atau Lula akan menjadi presiden pada 1 Januari 2023.

Lula sempat menjabat sebagai presiden Brasil dari tahun 2003 hingga 2010 dan sebelumnya telah membuat pernyataan yang mendukung adopsi crypto dan blockchain. Selain mendukung pembayaran menggunakan aset crypto, Kota Rio de Janeiro di Brasil dikabarkan sedang mencari perusahaan crypto untuk mengoperasikan pembayaran properti pajak pada tahun 2023.

Berdasarkan dekrit yang diterbitkan pada 11 Oktober 2022, kebijakan ini memungkinkan pembayar pajak untuk menggunakan crypto bersama mata uang fiat untuk membayar pajak. Bagaimana cara kerja pembayaran pajak properti menggunakan crypto di Brasil? Simak informasi selengkapnya mengenai Rio de Janeiro Brasil Akui Pembayaran Crypto untuk Pajak Properti di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: