Presiden Baru Argentina Siap Guncang Ekonomi dengan Tutup Bank Sentral & Adopsi Bitcoin!

Presiden Baru Argentina Siap Guncang Ekonomi dengan Tutup Bank Sentral & Adopsi Bitcoin!

Presiden terpilih Argentina, Javier Milei, berjanji untuk menutup bank sentral negara tersebut dan menggantikan peso dengan dolar Amerika Serikat dan potensial Bitcoin. Tantangan ini besar, namun tidak mustahil untuk diatasi.

Milei dan Rencana Radikalnya

Milei, yang dikenal sebagai “The Madman” saat masa kecilnya, telah menjadi tokoh kontroversial dengan rencananya yang radikal. Dia berjanji untuk menutup bank sentral dan menggantikan mata uang lokal, peso, dengan dolar AS dan potensial Bitcoin.

Milei mungkin akan menggunakan blueprint yang ditetapkan oleh El Salvador, yang berarti pertama-tama mengadopsi dolar AS, dan kemudian mulai menerima Bitcoin. Sebagai presiden terpilih, Milei dihadapkan pada tantangan besar.

Baca Juga: Supersiklus Bitcoin 2024: Akankah Ini Menjadi Siklus Terakhir?

Argentina, dengan sembilan default, memegang gelar juara dunia dalam kategori default risiko. Saat ini, negara tersebut adalah kreditor terbesar Dana Moneter Internasional (IMF), dan dengan risiko kredit yang ditetapkan oleh Fitch Ratings sebagai CCC, Argentina perlu mengubah ekonomi secara mendasar.

Dampak pada Ekonomi Argentina

bitcoin argentina
Sumber: National Today

Rencana Milei ini tentu akan berdampak besar pada ekonomi Argentina. Dengan basis moneter sebesar $7,7 miliar, tantangan untuk menggantikan basis moneter ini akan sangat besar, namun tidak mustahil.

Salah satu kesulitan dalam pertukaran mata uang adalah mendapatkan uang kertas untuk aktivitas sehari-hari, namun kami di dunia crypto tahu bahwa stablecoin dan Bitcoin dapat sangat membantu dalam proses ini.

Milei juga berencana untuk melakukan pemotongan belanja yang dalam sebagai bagian dari rencananya untuk memangkas belanja negara. “Tidak ada uang. Tidak ada uang,” kata Milei.

“Jika kita tidak melakukan penyesuaian fiskal, kita menuju ke hiperinflasi. Kita akan memiliki hiperinflasi dan kita akan memiliki 95% kemiskinan dan 70% atau 80% tunawisma.”

Tantangan dan Harapan

Meski rencananya tampak radikal dan penuh tantangan, Milei tetap optimis. Dia berencana untuk membatasi ukuran negara dan mencapai keseimbangan fiskal pada akhir 2024.

“Saya akan melakukan penyesuaian shock dan saya akan menempatkan ekonomi dalam keseimbangan fiskal. Seperti yang saya janjikan untuk tidak menaikkan pajak, ini berarti saya akan melakukannya dengan memotong belanja,” katanya.

Namun, Milei juga menyadari bahwa rencananya ini bisa menjadi bulan-bulan yang sangat sulit untuk negara tersebut. Ia menekankan bahwa:

“Keseimbangan fiskal tidak bisa ditawar. Keseimbangan fiskal tidak dalam perdebatan. Saya akan memecat menteri yang menghabiskan terlalu banyak uang.”

Paragraf Penutup

Meski penuh tantangan, Milei tampaknya siap untuk menghadapi tantangan tersebut. Dengan rencana radikalnya, dia berharap dapat membawa perubahan positif bagi ekonomi Argentina. Hanya waktu yang akan menentukan apakah rencananya ini akan berhasil atau tidak.

Baca Juga: Grayscale Melangkah Lebih Dekat ke Peluncuran ETF Bitcoin Spot!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi