Presiden Baru Argentina, Milei, Siap Dorong Adopsi Crypto!

Presiden Baru Argentina, Milei, Siap Dorong Adopsi Crypto!

Presiden baru Argentina, Javier Milei, mengejutkan dunia dengan kemenangan telaknya dalam pemilihan presiden. Kemenangan ini membawa angin segar bagi komunitas crypto Argentina dan pasar global.

Milei dan Komunitas Crypto Argentina

Milei, yang dikenal sebagai pendukung kebijakan pasar bebas, telah menarik perhatian komunitas crypto dengan janji untuk menghapuskan bank sentral negara. Dengan 99% suara terhitung, Milei berhasil meraih 55% suara pemilih, mengalahkan rivalnya, Sergio Massa.

Baca Juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Fernando Nikolić, pendukung Bitcoin Argentina dan pendiri firma analis media Bitcoin Perception, mengatakan bahwa Milei telah berbicara positif tentang Bitcoin. Namun, Nikolić juga menekankan bahwa antusiasme harus diimbangi dengan kenyataan bahwa “meloloskan undang-undang yang dianggap ‘ramah-Bitcoin’ bukan bagian dari program resminya.”

Milei dan Ekonomi Argentina

argentina adopsi bitcoin
The Crypto Times

Milei berjanji untuk menghidupkan kembali ekonomi Argentina dengan pendekatan baru. Kebijakan utamanya meliputi “menghancurkan” bank sentral untuk mencegah pencetakan uang, meninggalkan peso demi dolar AS, dan menghapus hampir semua bentuk kesejahteraan di negara itu.

Milei juga berjanji untuk memotong hampir semua pengeluaran publik dan pemerintahan besar untuk mengekang inflasi yang melonjak, yang mencapai 143% pada Oktober.

Milei dan Pasar Global

Kemenangan Milei telah memicu optimisme di pasar global, terutama di pasar saham AS. Global X MSCI Argentina ETF (NYSE:ARGT), satu-satunya ETF yang berfokus pada ekuitas Argentina yang tersedia untuk investor berbasis AS, mengalami kenaikan 13%, menandai kinerja terkuatnya sejak diluncurkan pada 2012.

Sektor energi, khususnya YPF Sociedad Anonima (NYSE:YPF), adalah salah satu yang paling banyak mendapatkan keuntungan.

Paragraf Penutup

Meski Milei mungkin menarik bagi komunitas crypto, namun perlu diingat bahwa dukungan aktif terhadap Bitcoin dan crypto lainnya bukan bagian dari agenda resminya. Namun, dengan kebijakan pasar bebas dan rencana untuk menghapuskan bank sentral, Milei mungkin membuka jalan bagi perkembangan crypto di Argentina.

Baca Juga: Presiden Baru Argentina Siap Guncang Ekonomi dengan Tutup Bank Sentral & Adopsi Bitcoin!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi