Presiden Baru Argentina, Javier Milei, Pecinta Bitcoin, Menang Telak!

Presiden Baru Argentina, Javier Milei, Pecinta Bitcoin, Menang Telak!

Javier Milei, kandidat presiden yang dikenal ramah terhadap Bitcoin, berhasil memenangkan pemilihan presiden Argentina. Milei mengalahkan lawannya, Sergio Massa, dengan selisih suara hampir 3 juta. Bakal jadi awal baru bagi crypto di Argentina? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kemenangan Milei dan Dampaknya terhadap Ekonomi Argentina

hasil vote javier milei
Dengan hampir 100% suara yang telah dihitung, Milei unggul lebih dari 10 poin persentase atas Massa. Sumber: Bloomberg

Javier Milei, yang dikenal sebagai pendukung Bitcoin, berhasil memenangkan pemilihan presiden Argentina pada 19 November. Dengan hampir 99% suara terhitung, Milei memenangkan lebih dari 55% suara, unggul hampir 3 juta suara dari lawannya, Sergio Massa, menurut data Bloomberg. Milei dijadwalkan akan menjabat pada 10 Desember.

Argentina telah lama mengalami krisis inflasi yang panjang. Peso Argentina mencatatkan peningkatan inflasi tahunan lebih dari 140% dalam 12 bulan terakhir. Milei telah lantang mengkritik bank sentral negara tersebut, menyebutnya sebagai penipuan dan “mekanisme di mana politisi menipu rakyat baik dengan pajak inflasi.”

Baca Juga: Bitcoin Argentina: Usulkan RUU untuk Mempertahankan Blockchain dan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat!

Pandangan Milei terhadap Bitcoin dan Masa Depan Mata Uang Digital di Argentina

javier milei argentina
Sumber: Akun X Javier Milei

Milei merujuk Bitcoin sebagai gerakan menuju “pengembalian uang kepada penciptanya asli, sektor swasta.” Namun, dia belum menunjukkan niat untuk menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran legal di negara tersebut. Meski demikian, Milei berencana untuk menggantikan peso Argentina dengan dolar AS.

Pada awal tahun ini, ratusan warga Argentina berkumpul mendukung Bitcoin, membentuk simbol BTC raksasa sebagai protes terhadap inflasi yang merajalela di negara tersebut. Milei juga pernah tampil di acara TV, dengan tanpa ampun memukul piñata berbentuk bank sentral dengan tongkat.

Baca Juga: Meski Menghadapi Kontroversi, Rekor Pendaftaran Harian Worldcoin (WLD) Capai 9.500 Pengguna di Argentina

Perbandingan Pandangan Milei dan Massa terhadap Mata Uang Digital

Pandangan Massa tentang uang, perbankan, dan industri crypto tampaknya berlawanan dengan Milei. Pada Oktober, Massa berjanji untuk meluncurkan mata uang digital bank sentral (CBDC) jika terpilih untuk “menyelesaikan” krisis inflasi panjang Argentina. Massa memenangkan putaran pertama pemilihan presiden Argentina pada Oktober.

Namun, itu tidak cukup untuk memenangkan presiden secara langsung, memicu pemungutan suara putaran final.

Meski masa depan Bitcoin masih belum pasti di Argentina, kemenangan Milei diharapkan menjadi langkah awal bagi negara tersebut untuk bergabung dengan El Salvador dalam mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran legal dan menjadikannya aset cadangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: