Valkyrie Memprediksi Jumlah Penerbit ETF Bitcoin Spot akan Menurun di Akhir Tahun 2024

author:

Valkyrie Memprediksi Jumlah Penerbit ETF Bitcoin Spot akan Menurun di Akhir Tahun 2024

Setelah hampir sebulan beroperasi, pasar exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot diprediksi akan mengalami konsolidasi pada akhir tahun 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Steven McClurg, Chief Investment Officer Valkyrie Funds, dalam wawancara eksklusif dengan Decrypt pada 10 Februari 2024.

Prediksi Penurunan Jumlah Penerbit ETF Bitcoin Spot

steven mcclurg
Sumber: Crypto Economy

McClurg memperkirakan jumlah penerbit ETF Bitcoin spot akan berkurang dari 10 menjadi “sekitar tujuh atau delapan.”

Baca juga: ETF Bitcoin Valkyrie (BRRR) Melambung, CoinShares Lakukan Pengambilalihan!

Prediksi tersebut didasarkan pada beban finansial yang terkait dengan pengelolaan ETF Bitcoin spot, ditambah dengan tren penurunan biaya yang mengancam profitabilitas penerbit yang kesulitan.

McClurg menekankan bahwa ambang batas aset kelolaan sebesar $100 juta menjadi faktor penentu viabilitas ETF.

Dinamika Pasar ETF Bitcoin Spot

Sejak Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat menyetujui ETF Bitcoin spot pertama pada 10 Januari 2024, respons pasar cukup kuat, dengan perdagangan mencapai $4,5 miliar pada hari pertama saja.

Data terbaru menunjukkan arus masuk yang kuat, dengan $400 juta dilaporkan dalam satu hari, menurut analis Bloomberg, James Seyffart. McClurg mencatat bahwa perkembangan pasar sebagian besar sejalan dengan proyeksi Valkyrie.

Namun, terdapat kejadian tak terduga, yaitu arus keluar yang tidak separah perkiraan dari Grayscale. Saat beralih dari trust menjadi ETF, Grayscale mengalami aksi jual Bitcoin, yang menyebabkan penurunan sementara di bawah $41.000.

Meskipun demikian, McClurg memperkirakan potensi arus keluar di masa mendatang yang dapat menguntungkan ETF lainnya.

Baca juga: ARK Invest dan 21Shares Cetak Sejarah: ETF Bitcoin Tembus $1 Miliar AUM!

Persaingan Ketat di Pasar ETF Bitcoin Spot

Valkyrie, bersama dengan pesaing kelas berat seperti BlackRock dan Fidelity, tengah menghadapi pasar yang ramai.

ETF iShares Bitcoin dari BlackRock dan Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund telah melampaui $3 miliar dalam aset kelolaan dalam waktu sebulan — jauh melampaui Valkyrie yang hanya memiliki $123,7 juta.

Terlepas dari perbedaan tersebut, McClurg tetap optimis tentang kinerja Valkyrie, terutama dibandingkan dengan pesaing sejenis. Ia mengaitkan keberhasilan tersebut dengan keahlian aset digital perusahaan dan pengalaman pasar tradisional. Persaingan di antara ETF telah menyebabkan penurunan biaya yang agresif untuk menarik investor.

Valkyrie menyelaraskan biaya sponsornya dengan para pemimpin industri BlackRock dan Fidelity sebesar 0,25%, sebuah langkah yang dianggap McClurg perlu, meskipun ia memiliki keraguan tentang waktu pemotongan tersebut.

Lebih lanjut, ia memperingatkan bahwa keberlanjutan finansial dalam menjalankan ETF spot dapat terancam bagi penerbit yang sudah berkinerja buruk. Akibatnya, beberapa penerbit pada akhirnya dapat keluar dari pasar karena tidak menguntungkan.

Secara keseluruhan, pasar ETF Bitcoin spot masih dalam tahap awal, dan lanskap kompetitifnya kemungkinan akan terus berkembang. Prediksi Valkyrie tentang penurunan jumlah penerbit ETF Bitcoin spot pada akhir tahun 2024 mencerminkan tantangan finansial dan persaingan ketat yang dihadapi oleh para pelaku pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CoinMarketCap