Standard Chartered Ungkap Harga Bitcoin Bisa Anjlok ke $50.000!

author:

Standard Chartered Ungkap Harga Bitcoin Bisa Anjlok ke $50.000!

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin yang baru-baru ini turun di bawah $60.000 memicu kekhawatiran lebih lanjut tentang arah pergerakannya.

Geoffrey Kendrick, kepala Riset Forex dan Aset Digital di Standard Chartered Bank, memperkirakan penurunan lebih lanjut ke kisaran $50.000-$52.000. Simak lebih lanjut!

Harga Bitcoin Tertekan

“Penembusan BTC yang tepat di bawah $60K sekarang telah membuka kembali rute ke kisaran $50-52K,” kata Geoffrey Kendrick, kepala penelitian valas dan aset digital Standard Chartered Bank, pada hari Rabu dalam sebuah pernyataan kepada The Block.

“Penggeraknya tampaknya merupakan kombinasi dari kripto-spesifik dan makro yang lebih luas.”

Baca juga: Biaya Transaksi Bitcoin Anjlok Pasca Halving, Penambang Terancam Gulung Tikar

Kekhawatiran khusus kripto termasuk lima hari berturut-turut arus keluar dari dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin AS dan respons yang buruk terhadap peluncuran ETF spot Bitcoin dan Ether baru-baru ini di Hong Kong, kata Kendrick.

Dengan arus keluar berturut-turut dari ETF Bitcoin spot AS, dan saat ini, harga pembelian ETF rata-rata di bawah $58.000, ada risiko likuidasi, menurut Kendrick.

“Lebih dari separuh posisi ETF spot berada di bawah air sehingga risiko likuidasi beberapa di antaranya juga harus dipertimbangkan,” katanya.

Faktor-faktor Penurunan Harga Bitcoin

Mengenai ETF spot Hong Kong, volumenya rendah, yang telah berkontribusi pada penurunan harga Bitcoin baru-baru ini, menurut Kendrick.

Di luar masalah khusus kripto, tren makroekonomi yang lebih luas juga membebani dinamika harga Bitcoin, kata Kendrick. Langkah-langkah likuiditas, terutama di AS, telah memburuk dengan cepat sejak pertengahan April 2024, katanya, seraya menambahkan bahwa aset-aset seperti kripto, yang sering kali tumbuh subur dengan likuiditas, merasakan dampak dari kondisi pengetatan ini.

“Tentu saja, likuiditas penting saat dibutuhkan, tetapi dengan latar belakang data inflasi AS yang kuat dan kemungkinan penurunan suku bunga Fed yang lebih kecil, hal itu penting saat ini,” kata Kendrick.

Lebih lanjut, Kendrick menyimpulkan “masuk kembali ke BTC di kisaran $50-52 ribu atau jika CPI AS pada tanggal 15 bersahabat.”

Baca juga: Arus Masuk Bitcoin ETF Melambat, Jeda Sementara atau Awal Tren Negatif?

Standard Chartered Optimis pada Prediksi Harga Bitcoin di Tahun 2024 dan 2025

prediksi bitcoin standard chartered

Bulan lalu, Standard Chartered menaikkan target prediksi harga Bitcoin pada akhir 2024 menjadi $150.000 dari perkiraan sebelumnya sebesar $100.000.

Harga bahkan dapat mencapai $250.000 pada suatu saat di tahun 2025 jika arus masuk yang kuat ke dalam ETF Bitcoin spot terus berlanjut dan/atau jika manajer cadangan valas mulai membeli Bitcoin tahun ini, kata bank pada saat itu.

Kendrick terus mempertahankan target prediksi harga Bitcoin untuk tahun 2024 dan 2025.

“Mungkin perlu waktu beberapa saat sekarang. Tapi saya pikir ketika kita semakin dekat dengan kemenangan pemilu Trump, kita bisa menguat dengan keras dari bulan September hingga akhir tahun,” kata Kendrick kepada The Block ketika ditanya.

Pada akhirnya, Kendrick menunjuk pada beberapa faktor yang menekan harga Bitcoin. Kendrick berpendapat bahwa waktu reli Bitcoin tergantung pada positifnya pasar yang sedang berlangsung dan potensi faktor geopolitik, seperti pemilihan presiden AS mendatang.

Dia mengantisipasi potensi lonjakan di akhir tahun jika kondisi pasar tetap menguntungkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: