Peter Schiff Berikan Prediksi Suram Terhadap ETF Bitcoin, Bakal Berdampak ke Market?

Peter Schiff Berikan Prediksi Suram Terhadap ETF Bitcoin, Bakal Berdampak ke Market?

Ketika industri keuangan menantikan keputusan tentang ETF Bitcoin spot pertama di Amerika Serikat, Peter Schiff, seorang kritikus terkenal Bitcoin dan pendukung emas, mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan. Dia memprediksi bahwa jika ETF Bitcoin spot disetujui, hal tersebut dapat menyebabkan penurunan drastis pada nilai pasar Bitcoin.

Di sisi lain, Matrixport, sebuah perusahaan analisis data, meragukan bahwa SEC akan memberikan persetujuan untuk ETF tersebut setidaknya hingga kuartal kedua tahun ini, meskipun ada optimisme yang tumbuh di kalangan investor.

Prediksi Suram Peter Schiff

prediksi suram peter schiff
Sumber: Akun X Peter Schiff

Peter Schiff, yang selama ini dikenal sebagai kritikus Bitcoin, menyampaikan bahwa peluncuran ETF Bitcoin spot bisa berakibat negatif terhadap nilai Bitcoin.

Dia berpendapat bahwa ekspektasi akan ETF Bitcoin spot telah menjadi salah satu pendorong utama di balik kenaikan harga dan permintaan Bitcoin yang spekulatif selama beberapa tahun terakhir. Meskipun prediksi Schiff tentang kegagalan Bitcoin belum terbukti, dia tetap konsisten dengan pandangannya.

Menurut Schiff, ETF Bitcoin spot malah akan mengurangi ketertarikan investor pada Bitcoin itu sendiri. Namun, para pendukung Bitcoin menanggapi dengan mengatakan bahwa ETF emas tidak pernah mengurangi minat pada emas fisik, dan mereka percaya bahwa ETF Bitcoin spot akan memberikan dorongan serupa untuk pasar Bitcoin.

Baca Juga: Ekonom Peter Schiff Ingatkan Bahwa ‘Bidenomics’ Akan Segera Terbongkar Sebagai Penipuan”

Matrixport dan SEC: Penundaan yang Berkepanjangan?

Matrixport, yang menyediakan layanan konsultasi berbasis data, memperkirakan bahwa SEC akan menolak semua proposal ETF Bitcoin spot yang ada hingga batas waktu yang ditetapkan pada 10 Januari.

Mereka menunjukkan bahwa meskipun ada pertemuan berkala antara pemohon ETF dan staf SEC, belum ada aplikasi yang memenuhi semua kriteria yang diperlukan untuk mendapatkan persetujuan dari SEC. Matrixport tidak mengharapkan persetujuan untuk ETF Bitcoin spot hingga setidaknya kuartal kedua tahun 2024.

Dengan komposisi komisioner SEC yang didominasi oleh anggota Partai Demokrat, peluang persetujuan ETF Bitcoin spot menjadi semakin kecil, terutama di bawah kepemimpinan Ketua SEC Gary Gensler. Meskipun ada prediksi sebelumnya yang menyebutkan bahwa ETF Bitcoin spot pertama akan disetujui pada 2 Januari, hal tersebut tidak terjadi, dan kini pasar mulai bersikap skeptis.

Baca Juga: Dolar AS Tenggelam? Pakar Ekonomi Peter Schiff Ungkap Bahaya Memilki USD!

Harapan yang Menipis di Tengah Keraguan Pasar

Eric Balchunas, seorang analis ETF dari Bloomberg, yang sebelumnya memberikan peluang persetujuan sebesar 99% di kuartal pertama tahun 2024, masih melihat ada sedikit kemungkinan bahwa SEC akan menolak aplikasi tersebut lagi. Meski begitu, harapan untuk persetujuan ETF Bitcoin spot masih ada, walaupun sangat kecil.

Pasar crypto saat ini menanti dengan penuh ketidakpastian, mengamati setiap langkah yang diambil oleh SEC. Jika persetujuan ETF Bitcoin spot tidak terjadi, hal tersebut bisa menjadi pukulan bagi investor yang telah lama menunggu keputusan ini.

Namun, pasar crypto sudah terbiasa dengan ketidakpastian dan volatilitas, dan masih banyak yang yakin bahwa ETF Bitcoin spot akan menjadi kenyataan suatu hari nanti, meskipun mungkin tidak dalam waktu dekat.

Kesimpulan

Ketidakpastian seputar persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC masih berlangsung, dengan peringatan dari Peter Schiff dan prediksi penundaan oleh Matrixport. Meskipun demikian, masih ada sedikit harapan yang tersisa di tengah pasar yang dipenuhi spekulasi. Apakah ETF Bitcoin spot akan menjadi realitas atau tetap menjadi angan-angan, hanya waktu yang akan memberikan jawabannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: