Prediksi Persetujuan ETF Bitcoin Spot Pertama oleh SEC, Bakal Terjadi pada Oktober – Maret 2024?

Prediksi Persetujuan ETF Bitcoin Spot Pertama oleh SEC, Bakal Terjadi pada Oktober – Maret 2024?

Dengan meningkatnya ketertarikan pada aset crypto, banyak mata tertuju pada keputusan U.S. Securities and Exchange Commission (SEC) mengenai ETF Bitcoin. Menurut perkiraan terbaru dari firma manajemen aset Bernstein, persetujuan mungkin sudah dekat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Prediksi Bernstein Mengenai ETF Bitcoin Spot

Dilansir dari Bitcoin News, Gautam Chhugani, direktur manajemen dan analis senior Aset Digital Global di Bernstein, memperkirakan bahwa SEC akan menyetujui ETF Bitcoin spot pertamanya paling lambat pada pertengahan Maret tahun depan.

Chhugani menjelaskan bahwa keputusan pengadilan yang mendukung Grayscale Investments minggu lalu mengenai konversi ETF Bitcoin yang diusulkan adalah “game-changing”. Dia menekankan bahwa keputusan tersebut bukan hanya tentang konversi GBTC, tetapi menetapkan prinsip yang jelas bagi regulator untuk mengevaluasi aplikasi ETF crypto spot.

Analis Bernstein tersebut berbagi pandangan bahwa peluang ETF crypto tidak hanya berhenti pada Bitcoin tetapi akan meluas ke berbagai aset crypto lainnya.

Baca Juga: Deadline ETF Bitcoin Semakin Dekat, Apakah SEC Akan Berikan Lampu Hijau?

Pandangan Tentang Persetujuan ETF Bitcoin Spot

etf bitcoin spot
Sumber: Cryptonews

Meskipun SEC telah menyetujui beberapa ETF berbasis futures Bitcoin, mereka belum menyetujui ETF Bitcoin spot manapun, dengan alasan seperti manipulasi pasar.

Namun, analis menekankan bahwa keputusan Grayscale membantah argumen SEC, karena pengadilan menentukan bahwa “harga futures Bitcoin pada akhirnya didasarkan pada harga pasar spot.”

Dengan demikian, diperkirakan industri crypto akan mendapatkan ETF Bitcoin pertamanya antara pertengahan Oktober hingga pertengahan Maret 2024.

Baca Juga: Baru! ARK Invest dan 21Shares Ajukan ETF Ethereum Pertama di Amerika!

Tanggapan Industri dan Masa Depan ETF Bitcoin

Keputusan pengadilan baru-baru ini, termasuk yang mendukung Ripple Labs, menunjukkan bahwa sikap pengadilan terhadap industri crypto semakin mendukung.

SEC telah menunda keputusan tentang semua aplikasi ETF Bitcoin spot hingga kuartal pertama tahun depan, termasuk yang diajukan oleh Blackrock, manajer aset terbesar di dunia.

Mantan Ketua SEC, Jay Clayton, mengatakan minggu lalu bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot adalah keniscayaan, dengan catatan bahwa investor institusional jelas ingin mengakses Bitcoin.

    Dengan perkiraan dan perkembangan terbaru, tampaknya industri crypto mungkin akan melihat persetujuan ETF Bitcoin spot dalam waktu dekat. Hal ini dapat membuka peluang baru bagi investor dan memperkuat posisi Bitcoin di pasar keuangan global.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: