Prediksi Market DeFi: Bakal Meroket dan Bernilai $18,28 Miliar pada Tahun 2027!

Prediksi Market DeFi: Bakal Meroket dan Bernilai $18,28 Miliar pada Tahun 2027!

DeFi telah menjadi tren yang sedang naik daun dalam dunia keuangan. DeFi memungkinkan siapa saja untuk melakukan transaksi keuangan secara langsung tanpa melalui perantara seperti bank.

Hal ini memberikan kontrol penuh kepada pengguna atas keuangan mereka dan menghilangkan biaya tersembunyi serta birokrasi yang rumit. Pada tahun 2021, DeFi mengalami pertumbuhan yang luar biasa.

Nilai total aset yang terkunci (TVL) dalam DeFi melonjak dari $9 miliar menjadi $179 miliar. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan DeFi sebagai alternatif dari sistem keuangan tradisional. Simak berita lengkapnya berikut ini!

DeFi: Sebuah Pasar yang Menjanjikan

oracle binance
Sumber: How to Geek

Menurut Statista, pasar DeFi diperkirakan akan terus tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun mendatang. Pendapatan pasar DeFi diperkirakan akan mencapai $26,15 miliar pada tahun 2024 dan $36,02 miliar pada tahun 2027.

Hal ini menunjukkan bahwa pasar DeFi akan tumbuh sebesar $18,28 miliar antara tahun 2023 dan 2027. Pertumbuhan pasar DeFi didorong oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Meningkatnya pengembangan aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan kasus penggunaan DeFi.
  • Meningkatnya permintaan akan layanan DeFi.
  • Meningkatnya adopsi kripto oleh investor arus utama.
  • Kemampuan untuk menciptakan instrumen dan layanan keuangan baru.
  • Kemampuan program dan fleksibilitas blockchain.
  • Aksesibilitas, transparansi, dan inklusivitas DeFi yang lebih baik dibandingkan dengan keuangan tradisional.

Amerika Serikat: Pemimpin Pasar DeFi

Amerika Serikat diperkirakan akan tetap menjadi negara dengan pengguna DeFi terbanyak di dunia. Antara tahun 2023 dan 2027, jumlah pengguna DeFi di Amerika Serikat diperkirakan akan meningkat sebesar 95%, dari 8.673.000 menjadi 16.920.000.

Negara-negara lain yang diperkirakan akan mengalami pertumbuhan pengguna DeFi yang signifikan antara tahun 2023 dan 2027 adalah Inggris (144%), Rusia (95%), Jerman (95,1%), dan Kanada (127,5%).

Baca Juga: DeFi Menggebrak Rekor: TVL Melonjak 170% dalam Seminggu, Ethereum Terus Mendominasi!

Tantangan yang Dihadapi DeFi

defi market revenue
Sumber: Cryptonews

Meskipun pasar DeFi sedang mengalami pertumbuhan yang pesat, namun masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi, di antaranya:

  • Ketidakpastian regulasi.
  • Kekhawatiran keamanan.
  • Volatilitas harga aset kripto.

Ketidakpastian regulasi dapat menghambat pertumbuhan DeFi karena dapat menciptakan lingkungan yang tidak kondusif bagi inovasi. Kekhawatiran keamanan juga dapat menjadi penghambat karena dapat membuat pengguna khawatir untuk menggunakan DeFi. Volatilitas harga aset kripto juga dapat menjadi tantangan karena dapat menyebabkan kerugian bagi pengguna DeFi.

Baca Juga: Disney dan Epic Games: Kolaborasi Miliaran Dolar untuk Membangun Semesta Game!

DeFi: Masa Depan Keuangan

Meskipun menghadapi beberapa tantangan, namun DeFi diperkirakan akan terus tumbuh dalam beberapa tahun mendatang. Hal ini didorong oleh semakin banyaknya orang yang tertarik untuk menggunakan DeFi sebagai alternatif dari sistem keuangan tradisional. DeFi menawarkan banyak keuntungan, seperti kontrol penuh atas keuangan, biaya yang lebih rendah, dan transparansi yang lebih baik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi