Analisis dan Prediksi Harga Tezos (XTZ) 2023-2025: Bisa Tembus $10,571?

author:

Analisis dan Prediksi Harga Tezos (XTZ) 2023-2025: Bisa Tembus $10,571?

Di awal tahun 2022 tepatnya Februari, Tezos mendongkrak eksistensinya dengan cara menjadi sponsor resmi club sepak bola terkemuka di Inggris, Manchester United. Dirilis pada tahun 2018, XTZ merupakan mata uang digital asli dari Tezos yang telah terdaftar di banyak bursa crypto terkenal. Mengalami pasang surut, hingga saat ini Tezos masih menarik perhatian investor dan juga trader karena keunikannya, lalu bagaimana analisa dan prediksi harga Tezos (XTZ) di tahun 2023 hingga 2025?

Simak artikel ini untuk mengetahui prediksi harga Tezos (XTZ) di tahun berikutnya. Sebelum mulai lebih jauh, mari intip pergerakan harga XTZ di market Pintu hari ini!

Harga XTZ Turun 2,62% Dalam Waktu 24 Jam

Harga XTZ Turun 2,62% Dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Harga XTZ di Market Pintu

Mengintip di laman market Pintu, harga XTZ mengalami penurunan sebesar 2,62% dalam waktu 24 jam terakhir. Sempat menyentuh harga tertinggi Rp13.019 pada 19 Desember 2022, XTZ mengalami penurunan hingga menyentuh titik terendah di harga Rp11.909 pada 20 Desember 2022.

Analisa Teknikal Tezos: Pergerakan Harga Cenderung Sideways

Mengutip analisa dari Cyrptopolitan, harga Tezos tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan dalam beberapa hari ini. Namun, pasar cenderung menunjukan sentimen bearish yang memungkinkan harga XTZ mengalami penurunan dalam waktu ke depan.

Analisa Harga Tezos Terbaru (Timeframe: 1 Hari)

Analisa Harga Tezos Terbaru (Timeframe: 1 Hari)

Sumber: Cryptopolitan

Melihat pergerakan Tezos berdasarkan analisa teknikal dengan menggunakan timeframe 1 hari, menunjukkan bahwa RSI berada di sisi oversold. Pada waktu yang bersamaan, indikator MACD menunjukkan kelemahan pada bull, terlihat dari kekuatan histogram merah yang meningkat. Dari sini, bisa diamati bahwa bears mendominasi dan siap untuk menarik harga lebih rendah.

Analisis Harga Tezos dalam 24 Jam Terakhir

Analisis Harga Tezos 24 Jam Terakhir

Sumber: Cryptopolitan

Dalam 24 jam terakhir, harga Tezos tidak begitu fluktuatif. RSI pada grafik di atas saat ini berada di angka 50, menunjukkan bahwa keadaan pasar relatif seimbang dalam jangka pendek. Dari sini, analis berekspektasi Tezos akan tetap berada dalam jangkauan harga tersebut selama beberapa jam sebelum bisa merosot lebih jauh.

Secara keseluruhan, Tezos menetapkan harga terendah dalam 24 jam di angka $0,8287 dan harga tertinggi dalam 24 jam sebesar $0,8488.

Per 18 Desember 2022, Cryptopolitan melansir Tezos memiliki “area support” di angka $0,8253. Dengan kondisi pasar saat ini, Tezos berpotensi menguji level support tersebut dan apabila terlewati akan membentuk tren bearish dalam waktu 24 jam ke depan.

Menurut kesimpulan Cyrptopolitan, harga Tezos akan terus seimbang dibandingkan dengan harga kemarin. Saat ini, market hanya menunjukkan sedikit volatilitas terhadap Tezos, sehingga harga XTZ masih cenderung bergerak sideways.

Prediksi Harga XTZ Tahun 2023 Bisa Sentuh $4,051

prediksi harga xtz tahun 2023

Prediksi Harga Tezos Menurut Coinpedia

Menurut Elena R, analis teknikal crypto dari Coinpedia, dengan adanya pertumbuhan eksponensial di tahun yang akan datang, Tezos dapat mencapai maksimum $4,051 hingga di akhir 2023. Namun, harga juga bisa turun hingga $2,166 jika nantinya bears mendominasi market. Dengan adanya tekanan beli dan jual, aset Tezos diperkirakan diperdagangkan di angka $2,972.

Prediksi Harga Tezos Menurut Cryptonewsz

Sedangkan di laman Cryptonewsz, David Cox memprediksi Tezos akan mampu bersaing dengan koin kripto lainnya hingga mencapai harga $6-$6,8. Meski begitu, investor diharap tetap berhati-hati pada faktor-faktor tak terduga.

Prediksi Harga XTZ 2025 Meningkat Hingga $10,571

prediksi harga xtz tahun 2025

Prediksi Harga Tezos Menurut Coinpedia

Elena R dari Coinpedia menyatakan bahwa para ahli Tezos dan penggemar kripto optimis harga Tezos akan terus meningkat di tahun yang akan datang jika terdapat peningkatan dan kecepatan jumlah pengguna. Selain itu, jika jaringan Tezos memperlebar kerja sama dengan bisnis-bisnis besar, harga XTZ sangat memungkinkan naik hingga $10,571. Di sisi lain, adanya persaingan yang lebih ketat dengan para pesaing nantinya dapat menurunkan harga hingga $5,426.

Prediksi Harga Tezos Menurut Cryptonewsz

Mengutip David Cox di Cryptonewsz, harga Tezos (XTZ) 2025 bisa meningkat karena kinerjanya yang terbukti konsisten selama beberapa tahun belakangan ini. Selanjutnya, 2025 juga diprediksi akan memberi keuntungan besar bagi market cyrpto karena harga aset digital akan melampaui semua ekspektasi dan melonjak dari level resistensi awal. Melihat fenomena kenaikan yang belum pernah terjadi sebelumnya, harga Tezos digadang akan menembus level tertinggi baru sepanjang masa sebesar $10 dari posisinya saat ini.

Sepanjang tahun 2022 ini, Tezos juga telah melakukan kerjasama dengan beberapa bisnis besar seperti club sepak bola Manchester United dan Shopify. Tidak hanya itu, Tezos juga mengalami pertumbuhan pesat dari segi pasar NFT-nya.

Tezos Jadi Alternatif Ethereum Bagi Kreator NFT: Capai 45.000 Alamat Dompet Aktif

Dilansir dari Cointelegraph pada tanggal 2 Februari 2022, jaringan Tezos telah mengalami pertumbuhan yang mengesankan selama 12 bulan terakhir dalam smart contract addresses dan general adoption, yang banyaknya didorong oleh nonfungible tokens (NFT).

Biaya jaringan Ethereum yang tinggi pada akhirnya mendorong kreator dan pembeli NFT beralih ke jaringan alternatif seperti Tezos. Sebelumnya, NFTs sempat menimbulkan kontroversi karena masalah lingkungan seputar pencetakan dan perdagangan jaringan proof-of-work. Sementara itu, Tezos yang diketahui sebagai jaringan proof-of-stake sejak tahun 2018 telah banyak disebut-sebut sebagai alternatif karena “hemat energi” dengan sistem “baking” untuk memvalidasi dan menerbitkan blok baru pada rantai.

Per tanggal 2 Februari 2022, Cointelegraph mencatat bahwa alamat aktif (active adresses) di jaringan Tezos mencapai titik tertinggi sepanjang masa, yaitu di atas 45.000. Di sisi lain, peningkatan juga terjadi pada active smart contract addresses yang meningkat tiga kali lipat dari 200.000 menjadi lebih dari 600.000 selama 12 bulan terakhir. Angka peningkatan inilah menjadi sorotan pertumbuhan NFT dan aplikasi terdesentralisasi yang menggunakan Tezos.

Gandeng Shopify, Tezos NFT Kembangkan Interaksi Pedagang, Penjual Hingga Komunitas

Shopify gandeng Tezos NFT

Berdasarkan laporan dari Cointelegraph 19 Oktober 2022, blockchain Tezos akhirnya bermitra dengan platform otomasi Web3 Taco untuk memungkinkan pengguna Shopify mengakses token nonfungible (NFT) Tezos melalui program loyalitas NFT Taco, yang mana dapat meningkatkan interaksi antara pedagang, penjual, dan juga komunitas Tezos NFT.

Sebelumnya, pada Juni 2022, Shopify mengumumkan sistem hadiah baru yang disebut Tokengate. Tokengate ini memungkinkan mitra pedagang untuk meluncurkan barang eksklusif bagi komunitas NFT. Tidak hanya itu, Shopify kini menjadi raksasa e-commerce yang pertama kali mengintegrasikan pembayaran Bitcoin dan Lightning di platformnya.

Baca Juga: Tezos Berkolaborasi dengan Taco, Mungkinkan Pengguna Shopify Mengakses NFT Tezos

Secara keseluruhan, mengutip David Cox di Crytponewsz, Tezos (XTZ) memiliki potensi besar dan cenderung menjadi mata uang kripto yang menarik karena keamanan transaksi yang tinggi ditambah dengan kecepatan mencapai puncak di atas $10 pada analisis teknis yang lebih mendalam.


*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: