Prediksi Harga Ethereum Setelah Bitcoin Halving 2024: ETH Siap Melonjak?

author:

Prediksi Harga Ethereum Setelah Bitcoin Halving 2024: ETH Siap Melonjak?

Dengan posisinya sebagai cryptocurrency paling berharga kedua di dunia, Ethereum tampaknya akan semakin mengukuhkan posisinya seiring waktu.

Halving Bitcoin yang akan datang di tahun depan diperkirakan akan memberikan dampak signifikan pada pasar semua cryptocurrency, termasuk Ethereum.

Mari kita jelajahi prediksi harga Ethereum pasca-halving dan apakah Ethereum akan menjadi investasi jangka panjang yang baik.

Performa Ethereum Sebelum dan Sesudah Halving Bitcoin

Tanda kurung menunjukkan kinerja ETH relatif terhadap harga BTC pada saat masing-masing halving – Sumber: CoinCodex

Pertama-tama, perlu diingat bahwa Ethereum belum ada ketika halving Bitcoin pertama terjadi pada tahun 2012. Ethereum hanya mengalami dua halving Bitcoin, sehingga data tentang performa harga Ethereum sebelum dan sesudah halving Bitcoin sangat terbatas.

Baca juga: Ekosistem Layer 2 Ethereum Lampaui $37 Miliar, Jauh Tinggalkan Kompetitor!

Selama halving Bitcoin kedua pada Juli 2016, pasar Ethereum relatif tenang. Bahkan, ETH mengalami penurunan harga sebesar 25% dalam bulan menjelang halving kedua Bitcoin.

Namun, situasi berbeda terjadi selama halving Bitcoin ketiga pada Mei 2020, di mana Ethereum mengalami kenaikan sebesar 31,8% dalam bulan menjelang halving.

Tiga bulan setelah halving, Ethereum naik sebesar 88,6% dibandingkan dengan harganya saat halving.

Prediksi Harga Ethereum Pasca-Halving Bitcoin 2024

Saat ini, perkiraan menunjukkan bahwa halving Bitcoin berikutnya akan terjadi pada pertengahan April 2024. Prediksi harga Ethereum di CoinCodex memperkirakan Ethereum akan diperdagangkan sekitar $3.660 pada 15 April 2024, yang berarti sekitar 24,7% di bawah tertinggi sepanjang masa Ethereum tetapi meningkat 24,9% dibandingkan dengan harga Ethereum saat ini.

Untuk prediksi harga Ethereum tahun 2024 dan 2025, perkiraan menunjukkan harga ETH akan meningkat tajam segera setelah halving Bitcoin, mencapai rekor tertinggi baru di atas $6.600 pada September 2024.

Baca juga: Prediksi Harga Solana (SOL) Setelah Bitcoin Halving 2024, Berpotensi Naik 590%?

Prediksi tersebut juga mengharapkan ETH kemudian akan turun dan menemukan dukungan sekitar $4.070, sebelum mendapatkan momentum untuk reli baru yang diperkirakan akan mencapai puncaknya di atas $7.000 pada April 2025.

Apakah Ethereum Investasi Jangka Panjang yang Baik?

Ethereum tampaknya cukup menjanjikan sebagai investasi jangka panjang berkat konsep Ethereum triple halving.

Meskipun protokol Ethereum tidak memiliki mekanisme halving, ia memiliki fitur yang memberikan tekanan deflasi pada pasokannya, seperti pengurangan penerbitan ETH di bawah konsensus Proof-of-Stake, pembakaran ETH melalui upgrade EIP-1559, dan staking Ethereum yang mengurangi jumlah ETH yang efektif beredar.

Faktor-faktor ini telah berkontribusi untuk mengurangi pasokan ETH dan akan terus membuat ETH deflasi selama permintaan untuk transaksi di pasar Ethereum tetap tinggi.

Berdasarkan lintasan dan status Ethereum saat ini sebagai raja tak terbantahkan di ruang smart contract, masa depan tampak cerah bagi pemegang ETH.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: