Prediksi Harga Ethereum 2024: ETH Berpotensi Capai Puncak Baru Tahunan Rp61 Juta?

author:

Prediksi Harga Ethereum 2024: ETH Berpotensi Capai Puncak Baru Tahunan Rp61 Juta?

Mengawali tahun 2024 dengan penuh kejutan, Ethereum (ETH) mencatatkan kenaikan harga yang spektakuler. Sebagai mata uang digital terbesar kedua di dunia, ETH kini berada di ambang kenaikan harga yang bisa membawanya melampaui angka $2.500.

Namun, apakah tren positif ini akan bertahan sepanjang tahun? Mari kita ulas lebih dalam.

Prediksi Harga Ethereum (ETH) 2024: Bisa Capai Rp61 Juta?

prediksi harga ethereum 2024
Sumber: Changelly

Changelly, firma prediksi harga dan metrik on-chain terkemuka, memberikan gambaran optimis terhadap pergerakan harga Ethereum di tahun 2024.

Baca juga: Ethereum Siap Mengungguli Bitcoin di 2024? Begini Ulasan dari Analis!

Mereka memperkirakan bahwa ETH berpotensi mencapai puncak baru tahunan di angka $3.988 atau setara dengan Rp61 juta ($1 = Rp15.531). Jika prediksi ini terwujud, investasi $10.000 kamu hari ini bisa berubah menjadi $16.500, sebuah lonjakan ROI sekitar 65% dari harga saat ini.

Lebih lanjut, Changelly memprediksi bahwa harga minimun Ethereum di 2024 adalah $3.283 atau Rp50 juta dengan harga rata-rata di sekitar $3.380 (Rp52 juta).

Namun, perlu diingat bahwa pasar crypto sangat fluktuatif dan bisa memberikan kerugian seketika. Tidak ada jaminan bahwa ETH akan naik 65% dan mencapai $3.988 di tahun ini. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan riset mendalam sebelum memutuskan untuk berinvestasi di Ethereum.

Minat Institusional dan ETF Ethereum

Di sisi lain, ketertarikan institusional yang meningkat menjadi salah satu faktor pendorong kenaikan harga Ethereum. Pada 5 November 2023, SEC mengakui aplikasi Grayscale Investments untuk mengubah trust Ethereum mereka menjadi ETF. Keputusan ini mendorong harga Ethereum ke titik tertinggi dalam enam bulan terakhir, menandakan kepercayaan investor yang kuat.

BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, juga ikut memicu tren bullish ini dengan mengajukan permohonan untuk ETF Ether spot pada 9 November 2023. Langkah ini mendorong harga Ethereum melewati level resistensi $2.000.

Dengan Bitcoin yang berfluktuasi di sekitar $45.000, beberapa trader mulai mengalihkan fokus mereka ke Ethereum, menunggu persetujuan ETF Bitcoin spot di awal 2024 dan berharap ETF Ether spot akan menyusul.

Baca juga: Transformasi Ethereum 2024: 6 Peningkatan yang akan Mengubah Dunia Crypto!

Dinamika Ekosistem Ethereum

Kesehatan dan sentimen blockchain Proof of Stake (PoS) seperti Ethereum sering kali diukur dengan metrik Total Value Locked (TVL). TVL ekosistem Ethereum mencapai rekor tertinggi pada 14 November 2021, dengan $106,7 miliar.

Pada tahun 2023, angka ini mulai meningkat secara konsisten, terutama berkat derivatif staking likuid seperti Lido. Pertumbuhan aplikasi terdesentralisasi (DApps) yang signifikan juga menjadi faktor penting dalam kekuatan harga Ethereum.

DApps seperti Spark dan Rocket Pool menunjukkan pertumbuhan TVL yang signifikan, menandakan jaringan Ethereum yang berkembang dan berkembang. Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, juga telah merencanakan untuk mengatasi kekurangan ekosistem di tahun 2024, yang semakin meningkatkan kepercayaan investor.

Secara keseluruhan, kenaikan harga Ethereum baru-baru ini bukan sekadar momen singkat dalam dunia crypto yang penuh volatilitas. Ini merupakan cerminan dari minat institusional yang tumbuh, dinamika ekosistem yang berkembang, dan antisipasi persetujuan regulasi.

Seiring dengan pematangan lanskap crypto, peran Ethereum dan pergerakan harganya akan menjadi indikator penting dari kesehatan dan arah pasar secara keseluruhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: