Prediksi Bitcoin 2024: Gebrakan atau Kehancuran, Mana yang Akan Terjadi?

Prediksi Bitcoin 2024: Gebrakan atau Kehancuran, Mana yang Akan Terjadi?

Dunia crypto selalu penuh dengan prediksi dan spekulasi, terutama terkait harga Bitcoin. Tahun 2024 dipandang sebagai tahun yang krusial bagi masa depan Bitcoin, dengan berbagai analis memberikan pandangan mereka. Apakah kamu harus bertahan atau melipat tangan? Artikel ini akan membahas berbagai perspektif yang bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan!

Prediksi Harga Bitcoin: Optimisme atau Realisme?

Beberapa tokoh terkemuka di industri keuangan tradisional dan crypto telah memberikan prediksi harga Bitcoin yang beragam untuk tahun 2024. Arthur Hayes dan VanEck sama-sama memprediksi harga Bitcoin akan mencapai $70.000, sementara Fidelity lebih optimis dengan angka $100.000.

Di sisi lain, ada juga yang memperingatkan kemungkinan penurunan harga hingga $36.000 atau bahkan $32.000. Dengan adanya perbedaan prediksi yang signifikan, investor dihadapkan pada pilihan yang sulit.

Apakah ini waktu yang tepat untuk berinvestasi lebih banyak atau justru mengurangi porsi investasi di Bitcoin? Keputusan ini menjadi lebih rumit dengan adanya faktor-faktor seperti tingkat suku bunga dan kebijakan moneter pemerintah AS yang dapat mempengaruhi nilai Bitcoin.

Baca Juga: ETF Sebagai Jalan Baru untuk Investasi Bitcoin: Potensi Transformasi Pasar Keuangan!

Halving Bitcoin dan Minat Institusional

siklus btc halving
Fase-fase siklus halving Bitcoin. Sumber: X/Rekt Capital

Salah satu faktor yang dianggap akan mendorong kenaikan harga Bitcoin adalah halving yang dijadwalkan pada April 2024. Berdasarkan data historis, setiap event halving selalu diikuti dengan peningkatan nilai Bitcoin.

Ini disebabkan oleh pengurangan pasokan Bitcoin yang beredar, sementara permintaan tetap atau bahkan meningkat. Selain itu, minat institusional yang terus tumbuh juga menjadi faktor penting.

Potensi persetujuan ETF Bitcoin spot di AS dan peluncuran ETF Bitcoin spot di Hong Kong dianggap sebagai sinyal bullish. Perubahan aturan akuntansi oleh Financial Accounting Standards Board juga memudahkan proses akuntansi untuk aset digital, membuatnya lebih menarik bagi perusahaan.

Baca Juga: Investasi Crypto Terpuruk, Pasar Alami Likuidasi Besar-Besaran Hingga $21 Juta!

Bitcoin vs Altcoins: Siapa yang Akan Mendominasi?

Analisis dari beberapa hedge fund menunjukkan bahwa Bitcoin mungkin akan kehilangan dominasinya terhadap altcoins pada tahun 2024. Dalam dua siklus bull run sebelumnya, Bitcoin unggul di awal siklus (Fase 1) dan altcoins mengambil alih di akhir siklus (Fase 2).

Saat ini, Bitcoin telah mengalami pertumbuhan 3X, sementara altcoins secara kolektif hanya 2X. Dominasi Bitcoin di pasar crypto terus menurun, dan jika tren ini berlanjut, altcoins bisa saja mengambil alih.

Penurunan dominasi Bitcoin di bawah 50% bisa menjadi sinyal bahwa altcoins siap untuk melampaui Bitcoin. Hal ini juga bisa berdampak pada penurunan harga Bitcoin di bawah level psikologis $40.000.

Kesimpulan

Tahun 2024 akan menjadi tahun yang menentukan bagi Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan. Dengan berbagai faktor yang berpotensi mempengaruhi harga, investor perlu mempertimbangkan semua informasi yang tersedia sebelum membuat keputusan. Apakah kamu akan menjadi bagian dari sejarah dengan bertahan atau memilih untuk melipat tangan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi