Prancis Perketat Aturan Crypto Agar Selaras dengan Regulasi MiCA Uni Eropa

author:

Prancis Perketat Aturan Crypto Agar Selaras dengan Regulasi MiCA Uni Eropa

Regulator pasar keuangan Prancis, Autorité des Marchés Financiers (AMF), telah mengumumkan perubahan pada regulasi crypto lokal untuk mematuhi kerangka kerja Markets in Crypto-Assets (MiCA) Uni Eropa. Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan persyaratan pendaftaran bagi perusahaan yang menawarkan layanan tertentu untuk aset digital.

AMF Memperkenalkan Kerangka Kerja Pendaftaran yang Ditingkatkan

regulator crypto prancis
Sumber: PYMNTS

AMF mengumumkan pengenalan kerangka kerja pendaftaran “ditingkatkan” untuk penyedia layanan aset digital (DASPs) dan perubahan pada persyaratan lisensi DASP lokal.

Penyedia layanan aset digital yang ingin mendapatkan lisensi di Prancis akan dievaluasi berdasarkan berbagai persyaratan, termasuk sistem keamanan dan kontrol internal yang memadai, kebijakan penetapan harga publik, dan ketentuan khusus untuk penyimpanan.

Baca juga: Segera Tiba, Otoritas Perbankan EU Dorong Penerbit Stablecoin untuk Patuhi Aturan MiCA!

Kerangka kerja pendaftaran “ditingkatkan” ini dijadwalkan mulai berlaku pada 1 Januari 2024 dan akan menjadi wajib bagi perusahaan baru yang ingin menawarkan layanan yang diatur di Prancis.

Transisi Prancis ke Rezim MiCA

MiCA adalah seperangkat aturan komprehensif untuk aset digital yang disetujui oleh Parlemen Eropa untuk mengatur industri kripto di blok EU.

Negara-negara di bawah Uni Eropa, termasuk Prancis, sedang berupaya menerapkan regulasi baru ini untuk aset digital dan perusahaan yang ingin beroperasi di pasar Eropa. AMF mengakui bahwa kerangka kerja pendaftaran “ditingkatkan” adalah bagian dari persiapannya untuk rezim MiCA.

Dampak Regulasi Baru pada Industri Crypto di Prancis

AMF baru-baru ini memberikan lisensi crypto pertamanya kepada lengan crypto dari Bank Societe Generale. Sementara itu, penyedia layanan aset digital seperti Binance, Bitstamp, dan Hex Trust hanya terdaftar di regulator.

Baca juga: Regulator Pasar Prancis Dukung Aturan Global Terkait DeFi, Lampu Hijau untuk Crypto?

Regulasi yang jelas di Prancis hingga saat ini telah menarik sejumlah perusahaan kripto, termasuk Binance, serta pemain institusional yang ingin menawarkan layanan aset digital kepada klien mereka.

Dengan perubahan regulasi yang baru diumumkan, Prancis menunjukkan komitmennya untuk memastikan industri crypto lokalnya selaras dengan standar Uni Eropa. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan investor dan memastikan bahwa pasar crypto Prancis tetap kompetitif di tingkat Eropa dan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: