Prancis Mengeluarkan Undang-undang Baru untuk Game Crypto!

author:

Prancis Mengeluarkan Undang-undang Baru untuk Game Crypto!

Prancis, negara yang dikenal dengan warisan budaya dan inovasinya, kini memimpin revolusi dalam industri game crypto. Dengan pengesahan “Sorare Law”, Prancis menetapkan kerangka regulasi untuk game yang memanfaatkan NFT dan skema monetisasi berbasis crypto.

Sorare Law: Mengatur Industri Game Crypto

prancis keluarkan sorare laws
Sumber: iGaming

Prancis telah mengesahkan “Sorare Law”, yang merupakan bagian dari Digital Space Regulation Law atau SREN. Hukum ini menciptakan kerangka kerja regulasi khusus untuk game video yang memanfaatkan NFT dan strategi monetisasi berbasis crypto.

Baca juga: Terobosan Baru! ApeCoin DAO dan Forj Luncurkan Program Akselerator NFT

Dengan hukum ini, Prancis berupaya menciptakan keseimbangan antara mendorong inovasi di industri game dan melindungi pengguna. Salah satu aspek penting dari hukum ini adalah definisi formal dari “Jonum”, yang membedakan game crypto dari game video tradisional dan aktivitas lainnya.

Meskipun hukum ini telah disahkan oleh Majelis Nasional Prancis, masih ada kemungkinan untuk ditinjau dan ditolak oleh Dewan Konstitusi.

Dampak bagi Industri Game Crypto di Prancis

Sebelum adanya “Sorare Law”, ada kekhawatiran bahwa game crypto seperti Sorare mungkin diklasifikasikan sebagai gambling, yang akan membebani mereka dengan pajak yang lebih berat.

Namun, dengan hukum baru ini, tanggung jawab regulasi akan berada di bawah otoritas ANJ (Autorité Nationale des Jeux). Ini berarti pengguna harus memverifikasi usia mereka saat membuat akun untuk game kripto dan memverifikasi identitas mereka saat menarik pendapatan dari dalam game.

Selain itu, hukum ini juga memiliki ketentuan yang mempengaruhi promosi game Web3 dengan menggunakan influencer, khususnya di platform yang tidak dapat mengecualikan pengguna di bawah umur.

Baca juga: Prancis Memperkenalkan Sertifikasi untuk Influencer Crypto, Apa Saja Syaratnya?

Apa yang Diharapkan dari Sorare Law?

Dengan pengenalan “Sorare Law”, Prancis menunjukkan komitmennya untuk mengakui dan mengatur industri game crypto yang sedang berkembang.

Meskipun ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi oleh hukum ini, terutama dari Dewan Konstitusi, pengesahannya akan menjadi langkah signifikan menuju pengakuan dan regulasi industri game crypto di Prancis.

Selain itu, keputusan Prancis dalam mengatur industri ini dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain yang sedang berjuang untuk menemukan keseimbangan antara inovasi dan perlindungan konsumen.

Secara keseluruhan, “Sorare Law” menandai era baru dalam regulasi game crypto di Prancis. Dengan pendekatan yang seimbang antara inovasi dan perlindungan, Prancis mungkin telah menetapkan standar bagi negara-negara lain untuk mengikuti jejaknya dalam mengatur industri game crypto yang sedang berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: