Potensi Keterpurukan Bitcoin ke Level $32.000, Dampak ETF Dipertanyakan?

Potensi Keterpurukan Bitcoin ke Level $32.000, Dampak ETF Dipertanyakan?

Berita terkini dari sektor crypto mengejutkan pelaku pasar dengan proyeksi penurunan drastis nilai Bitcoin hingga ke angka $32.000 pada Januari 2024. Meskipun kehadiran ETF Bitcoin seolah memberikan harapan baru, para pakar mengingatkan akan adanya kemungkinan “sell the news” yang dapat memicu penurunan nilai. Simak analisa lengkpanya berikut ini!

ETF Bitcoin: Harapan yang Berujung Kekecewaan?

analisa btc rekt capital
Sumber: Akun X Rekt Capital

Antisipasi tinggi terhadap persetujuan ETF Bitcoin yang diharapkan dapat mengangkat pasar crypto tampaknya belum tentu berbuah manis. Analis dari CryptoQuant memprediksi sekitar 90% kemungkinan ETF Bitcoin fisik akan mendapat lampu hijau pada awal Januari 2024, namun hal ini berpotensi menjadi katalis untuk penjualan besar-besaran.

Investor Bitcoin jangka pendek saat ini menikmati keuntungan belum terealisasi sekitar 30%, yang berdasarkan data historis, seringkali diikuti oleh penyesuaian harga. Ketika Blackrock mengumumkan investasi sebesar $10 juta ke dalam ETF mereka, sentimen positif sempat muncul.

Namun, CryptoQuant memberikan peringatan bahwa tindakan penambang Bitcoin yang mulai melepas aset mereka akibat keuntungan belum terealisasi dapat meningkatkan tekanan jual di pasar.

Baca Juga: Rekor Baru! Transaksi NFT Bitcoin Tembus Angka Fantastis di Desember 2023

Perspektif Cathie Wood dan Nic Carter

Cathie Wood dari ARK Invest mengakui adanya kemungkinan terjadinya penjualan dalam jangka pendek setelah ETF disetujui, namun ia tetap yakin dengan prospek jangka panjang Bitcoin. Wood menegaskan bahwa bahkan investasi institusional dalam jumlah moderat dapat mempengaruhi harga Bitcoin, mengingat kelangkaan aset tersebut dan dana institusional yang diperkirakan akan mengalir masuk pasca-persetujuan ETF.

Nic Carter dari Castle Island Ventures juga mengakui potensi penurunan harga dalam jangka pendek, tetapi ia yakin bahwa ETF akan membuka pintu bagi kelas aset baru yang mendukung aliran dana yang menguntungkan bagi Bitcoin. Menurutnya, dampak dari peristiwa pemotongan hadiah blok, atau halving, tidak sebanding dengan potensi ETF dalam menarik investasi baru.

Baca Juga: Harga Bitcoin (BTC) Bersiap Melonjak? 3 Indikator Ini Beri Sinyal Kuat!

Analisis Historis dan Proyeksi untuk Januari 2024

Ali Martinez, Kepala Berita Global di BeInCrypto, menyajikan analisis historis terhadap performa Bitcoin. Menurutnya, tren bullish Bitcoin di akhir tahun sering diikuti oleh periode bearish di bulan Januari. Pola ini menandakan bahwa Januari 2024 mungkin menjadi periode di mana investor mengambil keuntungan secara besar-besaran, yang sejalan dengan prediksi analis lain mengenai penurunan nilai.

Kesimpulan

Dengan adanya berbagai analisis yang menunjukkan kemungkinan penurunan, pasar crypto saat ini menghadapi ketidakpastian yang signifikan. Investor dan analis pasar harus siap menghadapi berbagai kemungkinan, dengan mempertimbangkan aspek positif dan risiko yang ada.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: