Potensi Besar Crypto di 2024: Pemotongan Suku Bunga Fed Membangkitkan Minat pada Stablecoin dan DeFi!

author:

Potensi Besar Crypto di 2024: Pemotongan Suku Bunga Fed Membangkitkan Minat pada Stablecoin dan DeFi!

Pemotongan suku bunga oleh Federal Reserve Amerika Serikat (Fed) di tahun 2024 tampaknya akan membawa angin segar bagi dunia crypto, khususnya pada sektor stablecoin dan DeFi (Decentralized Finance).

Menurut laporan Fidelity, ini bisa menjadi momen kebangkitan bagi institusi untuk lebih mendalami produk-produk DeFi. Laporan “2024 Digital Assets Look Ahead” dari Fidelity menyoroti perubahan minat institusi dari produk keuangan tradisional ke DeFi.

Pengaruh Pemotongan Suku Bunga terhadap DeFi

keputusan the fed

Pemotongan suku bunga oleh Fed diperkirakan akan memicu minat institusi pada produk DeFi. Pada tahun 2023, meskipun ada ekspektasi tinggi, institusi lebih memilih produk keuangan tradisional karena suku bunga yang lebih tinggi.

Baca juga: Apakah The Fed Akan Pangkas Suku Bunga? Ini Prediksinya untuk 2024!

Namun, dengan potensi pemotongan suku bunga di 2024, DeFi dengan infrastruktur yang lebih matang diharapkan akan menarik perhatian kembali.

DeFi sebelumnya dianggap memiliki antarmuka yang sulit digunakan dan rentan terhadap serangan siber. Namun, dengan perkembangan infrastruktur yang lebih baik, risiko ini diperkirakan akan berkurang.

Fidelity menekankan bahwa jika imbal hasil DeFi menjadi lebih menarik dibandingkan dengan produk keuangan tradisional, ini akan mendorong institusi untuk kembali berinvestasi di DeFi.

Stablecoin: Katalis Adopsi Institusi

stablecoin usdv
Sumber: Coingape

Fidelity memprediksi bahwa eksplorasi stablecoin oleh institusi akan menjadi katalis terbesar adopsi di tahun 2024. Penggunaan stablecoin untuk keperluan seperti penyelesaian transaksi dapat memberikan legitimasi lebih pada aset digital ini.

Sektor pembayaran, remitansi, dan perdagangan internasional diperkirakan akan melihat peningkatan adopsi stablecoin sebagai metode pembayaran yang lebih cepat dan murah.

Dengan kemungkinan kerangka regulasi yang lebih jelas, kepastian hukum bagi penggunaan stablecoin akan meningkat. Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) diperkirakan tidak akan kehilangan penguasaan pasar mereka di tahun 2024.

Fidelity menambahkan bahwa jika pemotongan suku bunga Fed terjadi, area pasar ini diperkirakan akan terus mendapatkan traksi.

Baca juga: Tether (USDT) Mendominasi Pasar Stablecoin: Penguasaan Mencapai 71% di 2023!

Dampak pada Balance Sheet Korporasi

Perubahan aturan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan Amerika Serikat (FASB) memungkinkan perusahaan untuk melaporkan keuntungan dan kerugian dari kepemilikan aset crypto mereka. Hal ini diharapkan akan membuat korporasi lebih nyaman untuk mem

asukkan aset digital dalam laporan keuangannya. Dengan adanya aturan baru ini, perusahaan dapat lebih transparan dalam melaporkan nilai aset crypto mereka, baik itu kerugian maupun keuntungan.

Kemajuan ini diharapkan akan mendorong lebih banyak perusahaan untuk mengadopsi crypto dalam operasi bisnis mereka. Dengan demikian, ini akan memberikan dorongan signifikan bagi pasar crypto, terutama dalam hal kepercayaan dan adopsi oleh institusi besar.

Secara keseluruhan, pemotongan suku bunga Fed di tahun 2024 berpotensi menjadi titik balik bagi dunia crypto, khususnya pada sektor DeFi dan stablecoin.

Dengan infrastruktur yang semakin matang dan regulasi yang lebih jelas, serta adopsi yang lebih luas oleh institusi dan perusahaan besar, masa depan crypto tampak semakin cerah. Ini adalah waktu yang menarik bagi kamu yang tertarik dengan dunia crypto dan ingin melihat bagaimana perkembangannya di tahun-tahun mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: