Pemimpin Teknologi Diskusikan Potensi dan Risiko AI, Apa yang Dibahas?

Pemimpin Teknologi Diskusikan Potensi dan Risiko AI, Apa yang Dibahas?

Pemimpin teknologi terkemuka seperti Elon Musk, Sundar Pichai, Mark Zuckerberg, dan Sam Altman berkumpul di Washington untuk diskusi tertutup dengan senator AS mengenai kebangkitan kecerdasan buatan dan bagaimana teknologi ini harus diatur. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Isu Utama yang Dibahas

ai safety forum
Sumber: Akun Twitter CNBC

Pertemuan, yang dikenal sebagai “AI Safety Forum”, menjadi salah satu dari beberapa pertemuan antara Silicon Valley, peneliti, pemimpin buruh, dan pemerintah. Senator Demokrat Chuck Schumer menyebut pertemuan ini sebagai “sejarah”.

Dalam diskusi tersebut, ide tentang apakah harus ada lembaga independen untuk mengawasi aspek-aspek teknologi yang berkembang pesat ini menjadi sorotan. Selain itu, bagaimana perusahaan dapat lebih transparan dan bagaimana AS dapat tetap unggul di depan China dan negara lain juga menjadi topik utama.

Baca Juga: Alibaba Luncurkan Model AI Tongyi Qianwen untuk Publik, Langkah Besar Menuju Dominasi AI di China?

Tanggapan dari Pemimpin Teknologi

potensi ai menurut bill gates
Sumber: Akun Twitter Bill Gates

Elon Musk, CEO Tesla dan X, menekankan pentingnya memiliki “wasit” untuk AI. Sundar Pichai dari Google menyoroti potensi AI untuk menyelesaikan masalah kesehatan dan energi.

Sementara itu, Mark Zuckerberg dari Meta menekankan pentingnya sistem AI yang terbuka dan transparan. Bill Gates mengungkapkan kekhawatirannya tentang risiko keamanan dan mendesak pemerintah dan sektor swasta untuk bekerja sama dalam menguranginya.

Baca Juga: Amerika Serikat dan Vietnam Buat Kesepakatan di Bidang AI, Chip, dan Teknologi

Kritik dan Tanggapan Masyarakat

Meskipun Schumer menggambarkan pertemuan tersebut sebagai “beragam”, sesi tersebut mendapat kritik karena cenderung mendengarkan pendapat orang-orang yang akan mendapat manfaat dari kemajuan cepat dalam teknologi AI generatif. Beberapa senator mengkritik pertemuan pribadi tersebut, berpendapat bahwa eksekutif teknologi harus bersaksi di depan publik.

Pertemuan antara pemimpin teknologi dan senator AS mengenai AI menyoroti urgensi dan kompleksitas isu yang dihadapi oleh industri dan pemerintah. Dengan teknologi AI yang terus berkembang dan berdampak pada kehidupan sehari-hari, penting bagi pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan menemukan solusi yang seimbang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: