AI Generatif: Teknologi Baru yang Akan Ubah Ekonomi Dunia dengan Triliunan Dolar!

Array

AI Generatif: Teknologi Baru yang Akan Ubah Ekonomi Dunia dengan Triliunan Dolar!

AI generatif sedang merubah dunia kita dengan cara yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya. Dari smartphone yang kita gunakan setiap hari hingga mobil otonom dan alat pengecer yang menciptakan pengalaman konsumen yang mengejutkan dan menyenangkan, AI telah masuk ke kehidupan kita.

Studi yang berjudul “Potensi Ekonomi AI Generatif” oleh McKinsey Company dan diterbitkan pada 14 Juni 2023 ini menganalisis dampak yang dapat ditimbulkan oleh perangkat AI seperti Chatgpt di berbagai sektor.

Namun, perkembangan ini hanyalah permulaan dari apa yang akan datang. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kegunaan AI Generatif di Kehidupan

mckinsey report ai
Sumber: McKinsey Report

Dilansir dari Bitcoin News, AI generatif seperti ChatGPT, GitHub Copilot, Stable Diffusion, dan lainnya telah menarik perhatian orang-orang di seluruh dunia berkat kegunaannya yang luas.

Aplikasi AI generatif terbaru dapat melakukan berbagai tugas rutin, seperti reorganisasi dan klasifikasi data. Namun, kemampuan mereka untuk menulis teks, menciptakan musik, dan membuat seni digital telah mencuri perhatian dan mendorong konsumen dan rumah tangga untuk bereksperimen sendiri.

Sebagai hasilnya, lebih banyak pemangku kepentingan yang berurusan dengan dampak AI generatif pada bisnis dan masyarakat.

Baca Juga: AI Generatif ChatGPT: Menjegal Atau Merintis Masa Depan Kerja Profesional?

Potensi Ekonomi AI Generatif

potensi ekonomi ai generatif
Sumber: Beautiful AI

Menurut hasil studi dari MCKinsey tersebutm, diperkirakan bahwa AI generatif dapat menambahkan nilai sebesar $2,6 triliun hingga $4,4 triliun setiap tahunnya ke ekonomi global.

Sekitar 75% dari nilai yang dapat dihasilkan oleh penggunaan AI generatif jatuh di empat area: operasi pelanggan, pemasaran dan penjualan, rekayasa perangkat lunak, dan penelitian dan pengembangan.

Dalam 16 fungsi bisnis, ada 63 kasus penggunaan di mana teknologi ini dapat mengatasi tantangan bisnis tertentu dengan cara yang menghasilkan satu atau lebih hasil yang dapat diukur.

Baca Juga: AI Generatif: Mengubah Dunia Bisnis atau Membuatnya Bingung?

Dampak AI Generatif pada Industri

Dilansir dari Bitcoin News, AI generatif akan memiliki dampak signifikan di semua sektor industri. Perbankan, teknologi tinggi, dan ilmu kehidupan adalah beberapa industri yang bisa melihat dampak terbesar sebagai persentase dari pendapatan mereka dari AI generatif.

Misalnya, di industri perbankan, teknologi ini dapat memberikan nilai tambah sebesar $200 miliar hingga $340 miliar setiap tahunnya jika kasus penggunaannya sepenuhnya diimplementasikan.

Era AI generatif baru saja dimulai. Meski teknologi ini menjanjikan, realisasi penuh dari manfaat teknologi ini akan membutuhkan waktu, dan pemimpin bisnis dan masyarakat masih memiliki tantangan besar untuk diatasi.

Namun, dengan pemahaman yang tepat tentang potensi AI generatif, kita dapat membentuk keputusan kritis yang akan membantu kita memanfaatkan teknologi ini untuk kebaikan ekonomi dan masyarakat kita.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi:

Array