Kamu Penggila Mobil Sport? Pertama Kalinya, Porsche 911 Klasik Luncurkan 7.500 Koleksi NFT!

Kamu Penggila Mobil Sport? Pertama Kalinya, Porsche 911 Klasik Luncurkan 7.500 Koleksi NFT!

Selama beberapa tahun terakhir, banyak brand-brand mewah yang merangkul Web3 dan Metaverse dalam bisnisnya. Mulai dari Vogue yang bangun komunitas web3 fashion metaverse pertama di dunia, Nike yang meluncurkan platform .Swoosh, hingga Givenchy yang rilis 360 koleksi NFT, dan masih banyak lagi lainnya.

Pada akhir November 2022, produsen mobil sport mewah yang berbasis di Jerman, Porsche, resmi mengumumkan bahwa mereka akan mulai terjun ke teknologi blockchain dan hadirkan koleksi NFT eksklusif. Ingin tahu seperti apa NFT akan diluncurkan oleh Porsche? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Porsche Hadirkan 7.500 Koleksi NFT, Launching Pada Januari 2023

Porsche Hadirkan 7.500 Koleksi NFT, Launching Pada Januari 2023
Sumber: NFT Now

Dikutip dari NFT Now, proyek Web3 pertama yang direncanakan Porsche adalah 7.500 koleksi NFT berdasarkan produk ikoniknya, Porsche 911 klasik. NFT tersebut dijadwalkan rilis pada bulan Januari 2023. Dalam proyek ini, Porsche berkolaborasi dengan Hamburg designer dan seniman 3D Patrick Vogel untuk pembuatan NFT.

Akun Twitter Porsche
Sumber: Akun Twitter Porsche @eth_porsche

Porsche juga secara resmi mengumumkan peluncuran NFT melalui cuitan di akun Twitter-nya yang bernama @eth_porsche. Dalam cuitannya, Porsche menyampaikan bahwa ada lebih dari 150.000 pilihan kombinasi desain yang bisa digunakan untuk membuat NFT 911. Per artikel ini diterbitkan, masih belum ada informasi terkait berapa harga NFT 911 Porsche tersebut.

“Proyek ini merupakan elemen lanjutan dari strategi digitalisasi kami. Kami berkomitmen untuk jangka panjang, dan tim Web3 kami memiliki otonomi untuk mengembangkan inovasi dalam industri ini juga,” ujar Lutz Meschke, Wakil Presiden dan Anggota Dewan Manajemen Keuangan & TI, dikutip dari Geek Metaverse, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Serius di Metaverse, Sony Luncurkan Motion Sensor Penggerak Karakter Antropomorfik Untuk Para VTubers!

Keuntungan yang Didapatkan Holder NFT 911 Porsche

Keuntungan yang Didapatkan Holder NFT 911 Porsche
Sumber: NFT Now

Dikutip dari Geek Metaverse, pembelian NFT Porsche nantinya akan dibatasi hingga tiga koleksi NFT saja per orangnya. Dilansir dari Hypemoon, para holder NFT Porsche nantinya berkesempatan memperoleh akses eksklusif ke pengalaman dunia virtual dan nyata. Selain itu, para holder juga bisa berpartisipasi langsung dalam perjalanan Porsche ke dunia Web3.

Tak hanya itu, para holder juga bisa ikut menentukan bagaimana NFT mereka dibuat melalui proses kolaboratif yang membutuhkan waktu beberapa bulan. Untuk melakukan hal tersebut, para holder bisa memilih tiga tema utama Porsche dan mengkombinasikannya ke karya seni dengan menggunakan Unreal Engine 5.

Unreal Engine 5 digunakan untuk membuat setiap item kolektor, yang kemudian dapat diakses oleh pemiliknya di dunia virtual. Platform tersebut bisa diakses di laman https://www.unrealengine.com/en-US/unreal-engine-5.

Strategi Porsche Dalam Ekspansinya di Industri Web3

Strategi Porsche Dalam Ekspansinya di Industri Web3
Sumber: Hypebeast

Dikutip dari Geek Metaverse, sebagai strategi marketing dan promosi dalam peluncuran NFT dan proyek Web3 lainnya, Porsche menjadi tuan rumah pada 30 November 2022 di event NFT Now dan di The Gateway at Mana Common: A Web3 Metropolis. Keduanya **merupakan festival lima hari yang berlangsung selama Art Basel Miami 2022. Di festival tersebut, anggota tim Porsche akan bergabung dengan seniman visual Vexx untuk membahas ekspansinya di Web3.

Selain kehadirannya di The Gateway 2022, Porsche juga menghadirkan instalasi seni eksklusif di Art Basel Miami 2022. Instalasi seni eksklusif tersebut menampilkan patung fisik Porsche x Chris Labrooy “Dream Big”, yang dipamerkan di Pérez Art Museum Miami pada tanggal 29 November hingga 3 Desember 2022. Dipresentasikan sebagai bagian dari kampanye The Art of Dreams Porsche, instalasi ini akan menandai debut resmi kampanye tersebut di AS.

Baca Juga: Tawarkan Total Hadiah Rp150 Juta, Samsung Luncurkan Piala Dunia Versi Metaverse!

Sekilas Tentang ‘Art Basel Miami Beach – Miami Art Week 2022’

Sekilas Tentang ‘Art Basel Miami Beach - Miami Art Week 2022’
Sumber: Yacht Charter Fleet

Art Basel Miami Beach dimulai pada tanggal 29 November – 3 Desember 2022. Festival Art Basel merupakan bagian dari event Miami Art Week 2022, yang diselenggarakan di Miami Beach Convention Center.

Beberapa rangkaian acara di Miami Art Week 2022 adalah Scope Art Show, Aqua Art Miami, Satellite Art Show, Ink Miami Art Fair, Jada Art Fair, dan Art Basel Event. Dilansir dari CBS Miami, event Miami Art Week di tahun 2022 ini termasuk event yang besar karena menampilkan karya seni kontemporer terbaik dari 38 negara.

Event ini mulai dibuka untuk umum pada hari Kamis, 1 Desember 2022 dan Jumat, 2 Desember 2022 dari jam 11 pagi hingga jam 7 malam, lalu di hari Sabtu, 3 Desember 2022 dari jam 11 pagi hingga jam 6 sore.

Referensi: