Kemajuan Polygon zkEVM: Memasuki Fase Kedua!

Kemajuan Polygon zkEVM: Memasuki Fase Kedua!

Inovasi terbaru dari Polygon telah mengguncang dunia crypto, dengan memasuki Tahap 2 dari Mainnet Beta zkEVM. Teknologi ini menjanjikan transaksi yang lebih cepat dan biaya yang lebih murah, membuka lembaran baru dalam sejarah crypto. Mari kita selami lebih dalam bagaimana Polygon zkEVM mengubah peta persaingan dalam ekosistem Ethereum!

Mengenal Polygon zkEVM

Polygon zkEVM, singkatan dari zero-knowledge Ethereum Virtual Machine, menggunakan bukti zero-knowledge untuk memverifikasi transaksi tanpa mengungkapkan isi transaksinya. Dengan teknologi ini, Polygon zkEVM dapat memproses transaksi secara off-chain sebelum menggabungkannya menjadi satu bukti dan mengirimkannya ke jaringan utama Ethereum.

Ini mengurangi kemacetan dan biaya gas, sekaligus mempercepat konfirmasi transaksi. Polygon zkEVM telah melewati tahap awal dengan fokus pada pengujian dan peningkatan infrastruktur.

Kini, dengan memasuki Tahap 2, Polygon zkEVM berfokus pada pertumbuhan aplikasi terdesentralisasi (dApp) yang bertanggung jawab dan aktivasi onchain. Ini menandakan kedewasaan teknologi dan ekspansi kemampuannya, dengan rencana peluncuran bertahap dApp baru dalam beberapa bulan ke depan.

Baca Juga: Market Menghijau, 3 Faktor Pendukung Kenapa Crypto Naik Hari Ini (16/1/24)!

Polygon dan Tahun Impresif 2023

polygon layer 2 yang akan naik
Sumber: Finbold

Polygon telah mengalami tahun yang luar biasa pada 2023 dengan adopsi dan pencapaian yang meningkat. Sandeep Nailwal, salah satu pendiri Polygon, menyoroti bahwa empat dari 15 roll-up teratas berdasarkan Total Value Locked (TVL) dan adopsi dibangun menggunakan tumpukan teknologi zk Polygon.

Meskipun sukses, Polygon tetap menghadapi persaingan ketat dari solusi skalabilitas Ethereum lainnya. Untuk mempertahankan keunggulannya, Polygon meningkatkan strategi pemasarannya untuk menarik pengembang Web3 dan mempertimbangkan penyesuaian persyaratan masuk.

Transisi ke Tahap 2 menunjukkan komitmen Polygon dalam menciptakan solusi yang skalabel dan ramah pengguna untuk masa depan terdesentralisasi. Dengan memperhatikan aspek penting seperti throughput, alat pengembang, pengalaman pengguna, dan keamanan, Polygon menempatkan zkEVM sebagai solusi skalabilitas Layer 2 yang terdepan.

Baca Juga: Bitcoin Bersemi dengan BRC-20, Apakah Ini Masa Depan Mata Uang Crypto?

Menatap Masa Depan: zkEVM sebagai Solusi Skalabilitas

Polygon zkEVM bersiap untuk Tahap 3 pada Maret tahun ini, dengan rencana peluncuran upgrade besar pada klien zkEVM. Upgrade ini diharapkan menghilangkan semua batasan throughput, memastikan kemampuan untuk menangani jumlah transaksi yang besar dengan lancar.

Selain itu, akan ada berbagai kampanye yang diperkenalkan, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan dApp yang dikerahkan di Polygon zkEVM.

Meskipun telah mencapai kesuksesan, token jaringan MATIC mengalami penjualan ringan dengan harga turun sebesar 4,27% menjadi $0,874. Namun, dengan kemajuan yang telah dicapai, Polygon zkEVM tetap menjadi salah satu teknologi yang paling diantisipasi dalam ekosistem crypto.

Kesimpulan

Polygon zkEVM telah membuktikan dirinya sebagai inovasi yang menjanjikan dalam dunia crypto. Dengan memasuki Tahap 2 dari Mainnet Beta, Polygon tidak hanya meningkatkan teknologi tetapi juga memperkuat posisinya di pasar. Kita semua menantikan bagaimana Polygon akan terus membentuk masa depan transaksi crypto yang lebih efisien dan ekonomis.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi