Polygon zkEVM Siap Hadapi Upgrade Dencun Ethereum, Biaya Transaksi Diprediksi Turun Drastis!

author:

Polygon zkEVM Siap Hadapi Upgrade Dencun Ethereum, Biaya Transaksi Diprediksi Turun Drastis!

Polygon zkEVM, solusi penskalaan terkemuka di ekosistem Ethereum, bersiap untuk menyambut upgrade Dencun yang akan datang.

Upgrade ini dijadwalkan berlangsung pada pertengahan Maret 2024 dan diharapkan membawa peningkatan signifikan dalam hal skalabilitas dan biaya transaksi.

Salah satu fitur utama Dencun adalah pengenalan EIP-4844, yang akan memperkenalkan konsep “proto-danksharding” ke dalam jaringan Ethereum.

EIP-4844: Meningkatkan Ketersediaan Data dan Mengurangi Biaya Transaksi

EIP-4844 merupakan proposal peningkatan Ethereum yang bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas jaringan dengan memperkenalkan konsep “data blobs”.

Baca juga: Optimism (OP) Siap Lakukan Upgrade Ecotone untuk Meningkatkan Penskalaan pada 14 Maret!

Data blobs memungkinkan penyertaan data tambahan dalam transaksi Ethereum tanpa mempengaruhi waktu pemrosesan blok. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi solusi Layer 2 seperti Polygon zkEVM, yang bergantung pada ketersediaan data yang efisien untuk memproses transaksi dengan cepat dan murah.

Menurut Jordi Baylina, salah satu pendiri dan pemimpin teknis Polygon zkEVM, EIP-4844 dapat meningkatkan kapasitas data Ethereum hingga tiga kali lipat. Hal ini akan sangat membantu ZK rollup seperti Polygon zkEVM, Linea, Scroll, dan zkSync dalam mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan efisiensi keseluruhan.

Lebih lanjut, Baylina memperkirakan bahwa biaya transaksi pada Polygon zkEVM dapat berkurang hingga 10x hingga 50x dengan menggabungkan EIP-4844 dengan kompresi data.

Persiapan Teknis Polygon zkEVM untuk EIP-4844

Meskipun EIP-4844 menawarkan potensi peningkatan yang signifikan, integrasinya ke dalam Polygon zkEVM memerlukan beberapa modifikasi teknis.

Baylina menjelaskan bahwa ZK rollup seperti Polygon zkEVM harus menyertakan pasangan BLS dalam bukti mereka, yang membutuhkan smart contract yang telah dikompilasi sebelumnya. Smart contract ini telah diperkenalkan dalam hard fork Etrog pada Polygon zkEVM pada bulan Februari.

Selain itu, Polygon zkEVM juga sedang mengembangkan sistem bukti baru yang mendukung kompresi data untuk mengoptimalkan manfaat EIP-4844. Baylina menekankan pentingnya sistem bukti baru ini dalam memaksimalkan pengurangan biaya transaksi dan meningkatkan efisiensi Polygon zkEVM.

Baca juga: Polygon Luncurkan ‘Type 1 Prover’, Terobosan Baru dari Ethereum?

Secara keseluruhan, upgrade Dencun Ethereum dan pengenalan EIP-4844 merupakan perkembangan yang sangat dinantikan oleh komunitas Ethereum dan solusi Layer 2 seperti Polygon zkEVM.

Dengan peningkatan ketersediaan data dan pengurangan biaya transaksi, Polygon zkEVM diharapkan dapat menjadi solusi penskalaan yang semakin efisien dan terjangkau bagi pengembang aplikasi terdesentralisasi (DApps).

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: OpenSea