Polygon zkEVM Alami Gangguan, Picu Kekhawatiran Komunitas

Polygon zkEVM Alami Gangguan, Picu Kekhawatiran Komunitas

Jakarta, Pintu News – Platform penskalaan kripto Polygon tengah berupaya keras untuk memperbaiki masalah yang menyebabkan pemadaman pada mesin virtual Ethereum tanpa pengetahuan (zkEVM). Gangguan ini telah berlangsung selama lebih dari 12 jam dan berdampak signifikan pada jaringan Polygon. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Polygon zkEVM Mengalami Pemadaman

polygon zkevm padam
Sumber: Akun X Polygon

Polygon mengumumkan pemadaman tersebut melalui platform media sosial X, meyakinkan pengguna bahwa masalah ini hanya memengaruhi zkEVM dan tidak memengaruhi blockchain proof-of-stake Polygon atau proyek lain yang dibangun menggunakan perangkat pengembangan blockchain miliknya.

Akar penyebab masalah ini tampaknya terletak pada sistem pemrosesan transaksi Polygon, yang mengatur transaksi ke dalam kelompok sebelum mengirimkannya ke smart contract zkEVM di jaringan utama Ethereum. Polygon menyatakan bahwa mereka “bekerja untuk menyelesaikan masalah ini sepenuhnya” dan akan memberikan laporan terperinci tentang apa yang terjadi setelah layanan dipulihkan.

Baca Juga: Terobosan Polygon zkEVM: Upgrade Etrog Siap Mengguncang Dunia Crypto!

Kekhawatiran Komunitas Kripto

tvl polygon zkevm
Polygon zkEVM TVL. Sumber: L2Beat

Beberapa anggota komunitas kripto telah menyatakan keterkejutan mereka bahwa pemadaman zkEVM yang berkepanjangan ini tidak mendapat lebih banyak perhatian dan diskusi publik. Beberapa pengguna X terkemuka mempertanyakan mengapa tidak ada yang membicarakan tentang pemadaman zkEVM Polygon yang telah berlangsung selama 10 jam dan masih belum pulih.

Yang lain mencatat bahwa zkEVM Polygon telah padam selama lebih dari 10 jam dan tidak ada yang mengatakan apa pun. Mereka membandingkannya dengan Solana, yang akan menjadi bahan berita utama jika mengalami pemadaman serupa.

Baca Juga: Friendzone: Memimpin Transformasi Media Sosial Web3 di Polygon!

Dampak pada Harga MATIC

Pemadaman ini tidak memengaruhi token asli Polygon, karena MATIC tetap bullish selama penulisan artikel ini. MATIC naik 2,30% dalam 24 jam terakhir dan diperdagangkan pada harga $0,9831. Meskipun demikian, penggemar Polygon tetap yakin pada potensi jangka panjang aset tersebut, dengan peningkatan adopsi dan tidak adanya _token unlock_ sebagai beberapa katalis.

Kesimpulan

Pemadaman zkEVM Polygon menjadi bagian dari serangkaian pemadaman baru-baru ini yang melanda pasar kripto. Sebelumnya, bursa Coinbase mengalami crash terus-menerus saat harga Bitcoin melampaui $70.000, yang menyebabkan kerugian lebih dari $100 miliar.

Solana (SOL) juga mengalami masalah produksi blok yang berkepanjangan pada tanggal 6 Februari, yang mencerminkan tantangan dalam memastikan kinerja blockchain yang stabil.

Pengembang Polygon sedang berupaya untuk menyelesaikan kerusakan zkEVM yang sedang berlangsung. Meskipun demikian, insiden ini menimbulkan kekhawatiran tentang konsistensi jaringan di tengah persaingan yang semakin ketat di pasar L2.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi