Polygon zkEVM Mainnet Beta Rilis, Vitalik Buterin Lakukan Transaksi Pertamanya!

Polygon zkEVM Mainnet Beta Rilis, Vitalik Buterin Lakukan Transaksi Pertamanya!

Pada Senin, 27 Maret 2023, Polygon, platform penskalaan Ethereum akhirnya merilis versi beta zero-knowledge Ethereum Virtual Machine (zkEVM) kepada publik.

Polygon juga mengatakan bahwa mereka membuat semua aspek zkEVM-nya menjadi open-source, sehingga para developer dapat mempelajari dan berbagi kode, yang memungkinkan mereka untuk berkontribusi pada lebih banyak inovasi di bidang zero-knowledge.

Seperti apa peluncuran awal Polygon zkEVM? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Polygon zkEVM Diluncurkan, Vitalik Buterin Lakukan Transaksi Pertama

“Kami ingin sangat selaras dengan etos Web3. Kami ingin lebih banyak bereksperimen,” Sandeep Nailwal, salah satu pendiri Polygon, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CoinDesk.

Sebagai bagian dari upacara pengumuman tersebut, Vitalik Buterin, salah satu founder blockchain Ethereum, diberikan hak istimewa untuk memulai transaksi pertama pada zkEVM yang baru, yang mana disiarkan secara langsung (live) di ETHGlobal pada pukul 16.30 Waktu Eropa Tengah (10.30 ET).

Transaksi yang dikirim Buterin pada zkEVM berhasil, di mana ia mengirim 0,005 ETH ke alamat acak dengan pesan klise, yang seolah-olah merujuk pada kata-kata pertama Neil Armstrong yang terkenal saat berjalan di bulan: “A few million constraints for man, unconstrained scalability for mankind”, yang artinya “Jutaan batasan untuk manusia, skalabilitas tanpa batas untuk umat manusia.”

Menurut siaran pers Polygon, lebih dari 50 perusahaan menyatakan bahwa mereka akan menggunakan teknologi Polygon zkEVM.

Baca Juga: Makin Canggih, Polygon Merilis Layanan ID Web3 Baru!

Polygon Sedang Menjajaki Penggunaan Teknologi Zero-Knowledge di Rantai POS Polygon

Polygon zkEVM Mainnet Beta
Sumber: Coincu News

Dilansir dari Coindesk, Buterin sendiri telah mempromosikan pengembangan sistem penskalaan untuk Ethereum setidaknya sejak tahun 2020.

Ia mencatat dalam sebuah postingan blog pada bulan Agustus 2022 bahwa berbagai versi zkEVM memiliki trade-off, seperti kecepatan versus tingkat kompatibilitas dengan lingkungan pemrograman Ethereum Virtual Machine (EVM).

Meskipun Polygon zkEVM sudah tersedia untuk pengguna, Nailwal memperingatkan bahwa ini masih merupakan teknologi baru, itulah sebabnya mengapa disebut sebagai mainnet beta.

“Ini adalah teknologi baru, jadi kami akan memberikan peringatan yang cukup untuk para pengguna bahwa harap berhati-hati dalam hal ini, jangan langsung membawa semua tabungan Anda ke dalamnya,” kata Nailwal.

Polygon sebelumnya juga mengatakan kepada CoinDesk bahwa mereka sedang menjajaki penggunaan teknologi Zero-Knowledge di rantai utamanya, rantai POS Polygon.

Nailwal mengatakan bahwa dia yakin teknologi ZK adalah masa depan Ethereum. “Dalam 18 hingga 24 bulan, Anda akan melihat hampir semua aplikasi Web3 besar dibangun di atas rantai layer-2 yang terbukti zero-knowledge,” kata Nailwal.

Referensi: