Polygon zkEVM Mengalami Downtime, Apa yang Terjadi?

author:

Polygon zkEVM Mengalami Downtime, Apa yang Terjadi?

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan, Polygon zkEVM mengalami downtime yang signifikan, memicu kekhawatiran di kalangan pengguna dan spekulasi tentang dampaknya terhadap pasar crypto.

Dengan lebih dari 12 jam tidak aktif, insiden ini menyoroti kerentanan teknologi yang bahkan mungkin mempengaruhi harga crypto.

Masalah Sequencer Menghentikan Langkah zkEVM

Sumber: X

Polygon zkEVM, yang dikenal dengan skalabilitasnya untuk aplikasi berbasis ERC-20, menghadapi masalah serius dengan sequencer blockchainnya.

Baca juga: Terobosan Polygon zkEVM: Upgrade Etrog Siap Mengguncang Dunia Crypto!

Sequencer, yang bertugas mengorganisir dan menggabungkan transaksi sebelum meneruskannya ke smart contract Polygon zkEVM di jaringan utama Ethereum, mengalami gangguan yang menyebabkan seluruh sistem tidak dapat beroperasi.

Dengan downtime yang mencapai lebih dari 12 jam, insiden ini menimbulkan pertanyaan tentang stabilitas dan keandalan teknologi yang seharusnya mendukung transaksi tanpa hambatan di ekosistem crypto.

Kasus Pemadaman di Industri Crypto

Secara khusus, industri kripto sangat rentan terhadap pemadaman dalam beberapa minggu terakhir dengan Coinbase dan Solana sebagai pusatnya. Pemadaman baru-baru ini di ekosistem Coinbase akhirnya menghilangkan sekitar $100 miliar nilai pasar dari kapitalisasi kripto yang lebih luas.

Kejadian ini terulang kembali tak lama setelah harga Bitcoin melonjak hingga mencapai ATH. Dalam waktu 24 jam, data dari Downdetector menunjukkan bahwa ada banyak laporan masalah yang dikirimkan yang merinci pemadaman Coinbase.

Komentator Crypto MartyParty percaya bahwa pemadaman tersebut merupakan hasil dari perkakas dan teknologi yang lebih rendah yang diadopsi oleh perusahaan tersebut.

Baca juga: Polygon Luncurkan ‘Type 1 Prover’, Terobosan Baru dari Ethereum?

Selain itu, Solana juga menjadi korban dari beberapa pemadaman listrik, dan salah satunya yang terjadi pada bulan Februari membuat platform tidak berfungsi selama sekitar 5 jam. Komentator pasar percaya bahwa pemadaman ini akan terus bertambah dan perlu dibatasi sebelum akhirnya menyebabkan kerusakan permanen pada ekosistem kripto.

Dampak pada Harga dan Kepercayaan Pasar

Meskipun Polygon zkEVM mengalami downtime yang signifikan, hingga saat ini belum ada dampak yang jelas terhadap harga MATIC.

Pada saat artikel ini ditulis, Polygon MATIC diperdagangkan di $0,9926 dengan kenaikan 3,22% dalam 24 jam terakhir, menunjukkan bahwa berita pemadaman listrik belum berdampak pada harga.

Namun, insiden semacam ini dapat mengikis kepercayaan investor dan pengguna terhadap stabilitas dan keandalan teknologi crypto, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi persepsi pasar dan dinamika harga.

Penting bagi Polygon dan platform lain yang mengalami gangguan serupa untuk segera menangani masalah ini dan mengkomunikasikan langkah-langkah yang diambil untuk mencegah kejadian serupa di masa depan, demi menjaga kepercayaan dan stabilitas dalam ekosistem crypto.

Dengan Polygon zkEVM yang mengalami downtime yang belum pernah terjadi sebelumnya, komunitas crypto menunggu dengan penuh antisipasi untuk melihat bagaimana insiden ini akan berdampak pada ekosistem secara keseluruhan.

Keandalan dan stabilitas teknologi menjadi kunci untuk mempertahankan kepercayaan dan mendorong adopsi crypto lebih lanjut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Finbold