Polygon Rencanakan Upgrade Besar dengan ‘zkEVM Validium’ untuk Tingkatkan Keamanan

author:

Polygon Rencanakan Upgrade Besar dengan ‘zkEVM Validium’ untuk Tingkatkan Keamanan

Polygon Labs, tim teknis di balik jaringan Polygon PoS (Proof of Stake), telah mengusulkan upgrade besar untuk jaringan tersebut. Upgrade ini akan memperkenalkan L2 (Layer 2) terdesentralisasi pertama di dunia yang diamankan oleh bukti zero-knowledge (ZK), membuat ekosistem Polygon menjadi lebih aman dan berkinerja lebih baik, serta menjadi bagian inti dari ekosistem Polygon 2.0 yang akan datang.

Polygon Labs Mengusulkan Upgrade Besar

Twitter

Menurut pengumuman melalui cuitan akun Twitter Polygon Labs (20/6/23), upgrade besar ini mengusulkan penggunaan zkEVM validium, saudara dari rollup yang biayanya lebih rendah dan throughput-nya lebih tinggi. Rollup, seperti Polygon zkEVM, memanfaatkan Ethereum untuk mempublikasikan data transaksi dan memverifikasi bukti, mewarisi keamanan dan desentralisasinya.

Selain itu, upgrade ini akan melibatkan migrasi dari PoS Polygon yang ada ke jaringan PoS baru yang menggunakan teknologi zkEVM. Jaringan PoS yang telah diupgrade, atau validium, akan beroperasi bersama jaringan rollup zkEVM Polygon yang ada, menawarkan pengguna manfaat dari kedua teknologi tergantung pada kebutuhan spesifik mereka.

Baca juga: Polygon Labs Siap Luncurkan “Value Layer” Internet Lewat Polygon 2.0, Buka Era Baru?

Validator PoS Polygon yang ada akan memainkan dua peran penting dalam ekosistem yang telah diupgrade, menjamin ketersediaan data dan mengurutkan transaksi. Dengan memberikan bukti ketersediaan data, Polygon PoS akan menjadi validium pertama dengan jaminan ketersediaan data yang terdesentralisasi dan aman.

Manfaat Upgrade untuk Pengguna dan Pengembang

Jaringan PoS yang telah diupgrade akan menawarkan skalabilitas tinggi dan biaya rendah, menjadikannya pilihan yang ideal untuk aplikasi dengan volume transaksi tinggi dan membutuhkan biaya transaksi rendah, seperti game Web3 dan mikro DeFi.

Sementara itu, jaringan rollup zkEVM yang ada akan terus menawarkan tingkat keamanan tinggi, menjadikannya solusi yang baik untuk aplikasi yang memproses transaksi bernilai tinggi dan mengutamakan keamanan, seperti aplikasi DeFi bernilai tinggi.

Visi Polygon 2.0 untuk skalabilitas dan likuiditas terpadu, didukung oleh teknologi ZK, bertujuan untuk menjadikan setiap rantai Polygon sebagai ZK L2. Namun, Polygon PoS, dalam keadaan saat ini, diamankan oleh validatornya, bukan oleh bukti ZK.

Proses dan Jadwal Implementasi Upgrade

polygon game blockchain
Sumber: cryptopolitan

Menurut pengumuman, upgrade ini tengah berada di tahap Pra-Polygon Improvement Proposal (PIP), dengan proposal sudah live di forum tata kelola. Jika mendapatkan dukungan signifikan dari komunitas, PIP formal akan diajukan, memulai proses yang ditentukan.

Lebih lanjut, proposal tersebut kemudian akan dibahas di PPG (Polygon Protocol Governance) Calls, forum tata kelola, dan tempat publik lainnya untuk mengumpulkan konsensus dari semua peserta ekosistem yang relevan. Dalam proses ini, setiap anggota komunitas memiliki kesempatan untuk memberikan masukan dan berpartisipasi dalam pembentukan masa depan Polygon.

Baca juga: Polygon (MATIC) Ubah Tata Kelola Lama: Lebih Cepat, Lebih Demokratis, Lebih Efisien!

Jika konsensus tercapai, implementasi bisa tayang di Mainnet pada akhir Q1 2024 mendatang. Hal ini akan menjadi tonggak penting dalam industri blockchain, karena ini akan menjadi pertama kalinya sebuah rantai yang ada, terutama sebesar dan sepenting ini, menambahkan ZK proof untuk menjadi L2.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: