Perluas Kemampuan Blockchain Ethereum, Polygon Luncurkan Miden Alpha Testnet

author:

Perluas Kemampuan Blockchain Ethereum, Polygon Luncurkan Miden Alpha Testnet

Jakarta, Pintu News – Baru-baru ini, pengembang layer-2 Ethereum, Polygon, telah meluncurkan testnet versi alfa dari solusi zero-knowledge rollup (ZK-rollup) terbarunya yang disebut Miden, seiring dengan memanasnya persaingan penskalaan Ethereum.

Polygon Luncurkan Miden Alpha Testnet

Sumber: X

Dalam postingan X pada 7 Mei 2024, Polygon mengatakan bahwa Polygon Miden Alpha Testnet zero-knowledge telah tersedia bagi para pengembang untuk memulai pengujian.

Baca juga: Interchain Amplifier: Konektivitas Lintas Rantai Antar Bitcoin, Ethereum, dan 60 Jaringan Lainnya

Miden adalah ZK-rollup yang dirancang untuk memperluas kemampuan blockchain Ethereum.

Solusi terbaru Polygon – seperti ZK-rollup lainnya – menggunakan jenis kriptografi di mana data dapat diverifikasi atau “dibuktikan” tanpa mengungkapkan isi data tersebut ke seluruh jaringan.

Sorotan Penting dari Polygon Miden

Menurut laporan, Miden juga memiliki pembuktian sisi klien, di mana pengguna dapat “secara lokal menghasilkan bukti untuk transisi status mereka sendiri tanpa harus mengungkapkan status tersebut ke jaringan,” jelas Polygon. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban pada jaringan dan meningkatkan privasi dan skalabilitas.

Gambaran umum jaringan Miden. Sumber: Polygon

Miden juga memungkinkan fungsionalitas tambahan, seperti akun pribadi yang memungkinkan token pribadi dan transaksi di mana hanya hash dari akun tersebut yang disimpan secara on-chain.

Baca juga: Polygon dan Robinhood Jalin Kolaborasi untuk Pertukaran Lintas Rantai!

Tidak hanya itu, Miden juga memanfaatkan eksekusi transaksi paralel – di mana transaksi dapat diproses secara bersamaan – memungkinkannya untuk mencapai throughput yang jauh lebih tinggi daripada mainnet Ethereum dan mengurangi state state node blockchain.

Testnet Pembangun Dijadwalkan pada September

Fitur utama lain yang direncanakan termasuk smart contract yang dapat disesuaikan dan skrip node yang disesuaikan di mana pengguna akan dapat menulis skrip catatan mereka sendiri menggunakan mesin virtual (VM) Miden dan bahasa pemrograman seperti Rust.

Menurut peta jalan Miden, testnet pembangun dijadwalkan pada bulan September. Namun tidak disebutkan kerangka waktu pasti untuk peluncuran mainnet.

Miden telah memasuki pasar dalam persaingan langsung dengan jaringan penskalaan layer-2 StarkWare dan tumpukan teknologi rollup StarkNet dan alternatif lainnya, seperti zkSync Era dari Matter Labs.

Polygon juga membangun zkEVM, solusi penskalaan yang setara dengan Ethereum Virtual Machine, yang memungkinkan sebagian besar smart contract, alat, dan dompet yang ada untuk bekerja dengan mulus.

Meski begitu, token asli blockchain Polygon, MATIC, tidak bereaksi positif terhadap peluncuran testnet ini, tercatat di Pintu Market (7/5/24), MATIC turun 3,7% pada saat artikel ini ditulis.

Secara keseluruhan, peluncuran Miden Alpha Testnet oleh Polygon adalah langkah besar dalam evolusi blockchain yang dapat memiliki dampak yang signifikan bagi harga Matic dan ekosistem crypto secara keseluruhan.

Meskipun masih terlalu dini untuk membuat kesimpulan definitif tentang dampaknya, banyak yang optimis tentang potensi jangka panjang dari inisiatif ini. Seiring berjalannya waktu, kita akan melihat bagaimana peluncuran Miden Alpha Testnet akan memengaruhi ekosistem crypto dan harga Matic secara spesifik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Blockchain Stories