Polygon Luncurkan Prover Tipe 1: Terobosan Baru di Dunia Crypto yang Dipuji Vitalik Buterin!

author:

Polygon Luncurkan Prover Tipe 1: Terobosan Baru di Dunia Crypto yang Dipuji Vitalik Buterin!

Polygon Labs baru-baru ini mengumumkan peluncuran prover tipe 1, sebuah inovasi yang memungkinkan jaringan yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) untuk menjadi jaringan layer-2 yang ditenagai oleh zero-knowledge proof.

Pengumuman ini disambut sebagai pencapaian teknologi yang bahkan dipuji oleh Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, sebagai kunci untuk membuat jaringan layer-2 hampir setara dengan blockchain utama.

Prover Tipe 1: Jembatan Menuju Kesetaraan dengan Ethereum

polygon labs rilis prover tipe 1
Sumber: Polygon Labs

Prover tipe 1 dirancang untuk memungkinkan jaringan EVM apa pun untuk mengadopsi zero-knowledge proof tanpa perlu modifikasi atau hard fork. Ini termasuk proyek seperti Manta, Canto, dan Celo.

Baca juga: Polygon Labs Usulkan Protokol DeFi sebagai Infrastruktur Kritis dalam Kerangka Regulasi Baru

Dengan prover ini, jaringan dapat dengan mudah terhubung ke ekosistem Polygon yang lebih luas menggunakan lapisan agregasi, tanpa perlu mengubah jaringan mereka.

Pengumuman ini datang sebagai bagian dari roadmap Polygon 2.0, dengan fokus pada membuat ekosistemnya lebih saling terhubung, dengan taruhan besar pada kriptografi “zero-knowledge” atau ZK sebagai teknologi inti. Ini menandai langkah signifikan menuju membuat jaringan layer-2 hampir setara dengan blockchain Ethereum utama.

Pentingnya Prover Tipe 1

Prover tipe 1 menandakan tingkat kesetaraan tertinggi dengan blockchain Ethereum, membutuhkan nol modifikasi terhadap komponen Ethereum apa pun untuk generasi bukti. Ini mencakup fungsi hash, struktur penyimpanan, atau logika konsensus apa pun.

Brendan Farmer, salah satu pendiri Polygon, menjelaskan bahwa prover tipe 1 zkEVM melibatkan trade-off kinerja dalam generasi bukti, membutuhkan lebih banyak komputasi. Namun, pada akhirnya, mereka meningkatkan skalabilitas lapisan-1 Ethereum itu sendiri, menjanjikan peningkatan kinerja yang signifikan.

Baca juga: Friendzone: Memimpin Transformasi Media Sosial Web3 di Polygon!

Membangun Arsitektur zkEVM yang Kuat

Polygon bukanlah yang pertama memperkenalkan konsep arsitektur ini. Risc Zero sebelumnya telah mengungkap zkEVM “Tipe 0” mereka, yang dikenal sebagai Zeth, memperkenalkan bahasa pemrograman serbaguna mirip dengan Ethereum Virtual Machine (EVM).

Berbeda dengan prover tipe 1 zkEVM, prover tipe 0 zkEVM dirancang untuk memungkinkan pengembang menyesuaikan dan menyesuaikan tumpukan zero-knowledge mereka sesuai dengan berbagai jaringan. Namun, menurut Farmer, fleksibilitas ini mungkin datang dengan biaya yang sedikit lebih tinggi.

Dengan peluncuran prover tipe 1 zkEVM oleh Polygon, dunia crypto menyaksikan terobosan baru yang berpotensi mengubah cara jaringan layer-2 beroperasi dan berinteraksi dengan Ethereum.

Inovasi ini tidak hanya menjanjikan peningkatan skalabilitas dan efisiensi tetapi juga membuka jalan bagi integrasi yang lebih luas antara berbagai jaringan dalam ekosistem crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Reddit