Polygon Labs Menghentikan Kontribusi Edge Demi Perluas Penggunaan CDK!

author:

Polygon Labs Menghentikan Kontribusi Edge Demi Perluas Penggunaan CDK!

Polygon Labs baru-baru ini mengumumkan penghentian kontribusi pada framework Edge untuk fokus pada ekspansi penggunaan Chain Development Kit (CDK). Langkah strategis ini menandai babak baru dalam pengembangan jaringan Layer-2 yang lebih canggih dan interoperabel.

Perubahan Fokus: Dari Edge ke CDK

Polygon Labs, yang dikenal dengan inovasi di sektor blockchain, telah memutuskan untuk menghentikan penerimaan kontribusi pada Edge, yang juga dikenal sebagai Supernets. Edge, yang awalnya dikembangkan sebagai alat open-source, memudahkan pembuatan jaringan blockchain khusus yang kompatibel dengan Ethereum.

Baca juga: Celestia Berkolaborasi dengan Polygon CDK untuk Integrasi Lapisan Ketersediaan Data!

Namun, selama setahun terakhir, prioritas pengembangan tim telah bergeser, menurut pernyataan resmi mereka. Dengan perubahan strategi ini, Polygon Labs kini mengalihkan seluruh perhatiannya pada CDK.

CDK merupakan toolkit yang dirancang untuk pengembangan berbagai jaringan Layer 2 ZK-Rollups, yang menggunakan zero-knowledge proof. Jaringan yang dibangun menggunakan CDK diharapkan dapat beroperasi lintas rantai dalam jaringan yang luas.

Keunggulan CDK atas Edge

polygon cdk
Sumber: Thirdweb blog

Banyak proyek telah menunjukkan minat atau rencana untuk menggunakan Polygon CDK dalam pengembangan jaringan Layer-2 mereka. Beberapa di antaranya termasuk Immutable, OKX, Astar, Canto, Palm Network, Aavegotchi, IDEX, Nubank, dan Manta Network. CDK menawarkan interoperabilitas yang lebih luas dan kolam likuiditas yang terpadu, yang tidak didukung secara native oleh Edge.

Polygon Labs menyatakan bahwa jaringan yang dikerahkan dengan CDK akan dapat berinteraksi dalam web ZK-powered L2s yang lebih luas dalam ekosistem CDK. Ini menciptakan kolam likuiditas tunggal yang terpadu, sebuah fitur yang tidak didukung Edge secara asli dan memerlukan migrasi dengan modifikasi yang signifikan.

Baca juga: Blockchain zkEVM Baru dari Immutable Tawarkan Pengalaman Bebas Gas Bagi Para Pemain!

Visi Masa Depan: Polygon Labs dan Upgrade 2.0

Polygon Labs saat ini menggunakan dua metode skalabilitas utama: sidechain yang disebut Polygon PoS dan jaringan zero-knowledge rollup, zkEVM. Fokus utama pengembangan saat ini adalah upgrade 2.0, yang merupakan ekosistem yang terdiri dari beberapa rantai dengan kemampuan zero-knowledge.

Rencana besar untuk rilis pada tahun 2024, ekosistem yang ditenagai oleh CDK ini bertujuan untuk mengintegrasikan jaringan Layer-2 berbasis ZK rollups dan memfasilitasi komunikasi antar-rantai. Ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam visi Polygon Labs untuk memperkuat ekosistem blockchain.

Dengan perubahan fokus dari Edge ke CDK, Polygon Labs menegaskan komitmennya untuk memimpin inovasi dalam teknologi blockchain. Keputusan ini tidak hanya akan memperkuat posisi mereka di pasar, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan ekosistem crypto yang lebih terintegrasi dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: