Balap Hive, Polygon Jadi Blockchain Game Terbesar Kedua Gara-gara Ini

author:

Balap Hive, Polygon Jadi Blockchain Game Terbesar Kedua Gara-gara Ini

Dilansir dari Bitcoinist (8/4/23), berkat peningkatan aktivitas pengguna di jaringannya, Polygon, solusi penskalaan lapisan-2 Ethereum, dengan cepat muncul sebagai pembangkit tenaga listrik di industri game.

Lebih lanjut, Polygon berhasil menyalip Hive untuk posisi kedua di bulan lalu, dengan RPG Hunters On-Chain yang ikut mendorong pertumbuhan dompet aktif yang unik.

Penasaran? Simak selengkapnya di artikel ini!

Jumlah UAW Polygon Naik 53%

Mengutip dari Cointelegraph (8/4/23), melonjaknya aktivitas pengguna pada solusi penskalaan Ethereum layer-2, Polygon, pada bulan Maret 2023 membuat jaringan ini menjadi jaringan game blockchain terbesar kedua dalam hal unique active wallets (UAWs) atau dompet aktif yang unik.

Menurut “Laporan Game Blockchain” yang diterbitkan oleh platform analisis aplikasi terdesentralisasi (DApp), DappRadar, jumlah UAW yang terlibat dalam game di Polygon mencapai 138.081 pada bulan Maret 2023, menandai peningkatan 53% dari bulan Februari 2023.

Lebih lanjut, angka tersebut membawa Polygon jauh di depan Hive dan BNB Chain yang berada di peringkat ketiga dan keempat dengan 84.000 dan 80.000 UAW, sementara Wax yang berada di peringkat pertama berada di depan dengan jumlah 314.000 UAW.

Dalam laporannya, DappRadar menuliskan,

“Polygon, blockchain yang sebelumnya dikenal dengan DeFi DApps, menyalip Hive bulan ini dan mengamankan posisi kedua. Angka ini merupakan tanda positif untuk Polygon, karena sekarang, Polygon mendapatkan pengakuan sebagai blockchain game.”

Baca juga: Serius di Game Web3, Magic Eden Luncurkan Game Hub Untuk Para Gamer!

blockchain game polygon
Sumber: DappRadar

Menurut data DappRadar, sejumlah besar peningkatan UAW di Polygon disebabkan oleh game Hunters On-Chain oleh BoomLand, yang mengalami peningkatan UAW lebih dari 17.000% selama 30 hari terakhir.

Hunters On-Chain Catat 55.300 UAW pada Awal Maret

Diluncurkan pada bulan Januari tahun lalu, Hunters On-Chain adalah adaptasi Web3 dari game mobile BoomLand, Hunt Royale. Hunters On-Chain adalah permainan role-playing gratis dengan integrasi NFT, yang menampilkan tampilan serta gaya yang mirip dengan Minecraft.

Pada 9 Maret 2023, game ini mencatatkan jumlah UAW tertinggi sepanjang masa sekitar 55.300.

game hunters on-chain
Sumber: DappRadar

Masih belum jelas apa faktor yang mendorong lonjakan minat terhadap game ini di bulan lalu, namun, antisipasi penjualan NFT dalam game pada 31 Maret 2023 lalu, mungkin menjadi faktor yang berkontribusi.

Melihat lebih luas, laporan DappRadar mencatat bahwa semua “aktivitas game on-chain turun 3,33% pada bulan Maret 2023, menjadi 741,567 Dompet Aktif Unik (dUAW) harian; tetapi tetap saja, game merupakan 45,6% dari aktivitas industri DApp di Q1 2023.”

Berdasarkan laporan Cointelegraph, selama beberapa bulan terakhir, terdapat sejumlah momentum bullish yang berkembang di Polygon, khususnya yang berkaitan dengan NFT, game, dan Metaverse.

Baca juga: Berkolaborasi Dengan Polygon, Nexon Meluncurkan Game NFT Baru “MapleStory Universe”

Sejauh ini, Polygon Labs, telah mencatatkan daftar panjang kemitraan dengan nama-nama besar, seperti Warner Music, Starbucks, Adidas, Reddit, dan Adobe, untuk mengembangkan dan menjadi tuan rumah proyek-proyek NFT.

Tim Polygon juga telah berhasil meluncurkan rollup zero-knowledge yang setara dengan Ethereum Virtual Machine, open-source milik Polygon pada tanggal 27 Maret 2023. Hal tersebut disebut-sebut memungkinkan DApps untuk meningkatkan skala melalui pengelompokan transaksi, membuka kinerja yang lebih tinggi sekaligus mengurangi biaya gas untuk melakukan transaksi di jaringan.

Mau tau lebih lanjut? Baca selengkapnya di Polygon zkEVM Mainnet Beta Rilis, Vitalik Buterin Lakukan Transaksi Pertamanya!


Referensi: