Berkolaborasi dengan Rarimo, Kini Polygon ID Tersedia di Ethereum

author:

Berkolaborasi dengan Rarimo, Kini Polygon ID Tersedia di Ethereum

Rarimo, protokol interoperabilitas, berkolaborasi dengan Polygon ID, infrastruktur kredensial yang dapat diverifikasi, untuk memperluas penggunaannya di berbagai blockchain. Kolaborasi ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan kredensial mereka di jaringan Ethereum dengan lancar, sebuah langkah maju yang signifikan dalam dunia identitas desentralisasi.

Rarimo dan Polygon ID: Kolaborasi untuk Meningkatkan Interoperabilitas

Sumber: Twitter

Melalui cuitan akun Twitternya pada 20 Juli 2023, Rarimo mengumumkan kerja sama dengan Polygon ID. Melalui kolaborasi ini, kini pengguna dapat menggunakan kredensial mereka di jaringan Ethereum dengan lancar. Sebelum kolaborasi ini terjadi, Polygon ID pengguna hanya dapat digunakan di rantai tempat ID tersebut dikeluarkan.

“Ini berarti jika Anda mengeluarkan kredensial Anda di Polygon, Anda tidak akan dapat menggunakannya di Ethereum. Sebaliknya, Anda harus mengeluarkan kredensial baru yang asli Ethereum,” jelas Rarimo dalam sebuah pernyataan.

Dengan inklusi Ethereum, kredensial yang dikeluarkan di Polygon akan tersedia di BNB Chain dan Avalanche dalam beberapa minggu mendatang, menurut Rarimo.

Baca juga: Polygon (MATIC) Mengusulkan 3 Pilar Utama dalam Roadmap Polygon 2.0, Seperti Apa?

“Seiring jumlah jaringan yang dapat Rarimo skalakan tidak terbatas, berbagai rantai tambahan akan ditambahkan seiring waktu,” tambah Rarimo.

Penggunaan Zero Knowledge Proof dalam Identitas Desentralisasi

Makin Canggih, Polygon Merilis Layanan ID Web3 Baru!
Sumber: Polygon Technology

Polygon ID diumumkan pada Maret 2022 dan tumpukan infrastrukturnya dibuat open source pada Maret tahun ini. Solusi ini menggunakan bukti tanpa pengetahuan, yang memungkinkan pengguna membuktikan identitas mereka tanpa perlu mengungkapkan informasi pribadi mereka kepada pihak luar. Ini memastikan tingkat privasi dan keamanan yang tinggi selama proses verifikasi identitas.

Selanjutnya, zero-knowledge proof adalah komponen penting dalam gerakan menuju identitas desentralisasi, pasar global yang diharapkan tumbuh menjadi $6,8 miliar pada 2027, menurut MarketsandMarkets.

Baca juga: Google Cloud Berencana Membawa Revolusi Web3 ke Tingkat Selanjutnya!

Dalam Web2, cara individu mengekspresikan identitas mereka dikendalikan oleh perusahaan raksasa seperti Meta dan Google. Tujuan identitas desentralisasi adalah untuk membalik skenario ini. Saat ini, perusahaan mengendalikan kapan dan di mana pengguna berbagi data mereka, tujuannya adalah agar perusahaan meminta izin untuk memverifikasi kredensial pengguna.

Polygon ID: Membuka Jalan Baru dalam Identitas Desentralisasi

Hingga saat ini, Polygon (MATIC) adalah salah satu pemain yang berinvestasi dalam memperkenalkan cara baru berpikir tentang identitas. Disco, SpruceID, Iden3, Ceramic dan Ethereum Foundation juga sedang mengeksplorasi solusi di bidang ini.

Oleh karenanya, kerja sama antara Rarimo dan Polygon ID menunjukkan masa depan di mana pengguna dapat dengan mudah menggunakan dokumen dari berbagai sumber, baik di dalam maupun di luar blockchain, di berbagai sistem dan aplikasi desentralisasi (dapps).

Tidak hanya itu, kolaborasi ini juga membawa konsep masa depan di mana pengguna, bukan perusahaan seperti Meta dan Google, yang mengendalikan identitas mereka, membuat proses pemeriksaan identitas lebih aman dan pribadi.

Secara keseluruhan, kolaborasi antara Rarimo dan Polygon ID menunjukkan potensi besar dari identitas desentralisasi dan bagaimana teknologi ini dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital.

Dengan memungkinkan pengguna untuk memverifikasi identitas mereka di berbagai blockchain, ini membuka peluang baru untuk privasi, keamanan, dan kontrol pengguna atas data mereka sendiri. Ini adalah langkah besar menuju masa depan yang lebih demokratis dan desentralisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: