Polygon Mendominasi Blockchain di 2023: Pengguna Baru Melonjak Tajam Hingga 15 Juta!

author:

Polygon Mendominasi Blockchain di 2023: Pengguna Baru Melonjak Tajam Hingga 15 Juta!

Tahun 2023 menjadi saksi bisu keberhasilan Polygon dalam persaingan ketat di dunia blockchain. Dengan peningkatan pengguna yang mencengangkan, Polygon hampir menyamai jumlah pengguna baru Ethereum, menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di industri crypto.

Laporan terbaru dari Flipside mengungkapkan bahwa kedua jaringan ini berhasil menarik lebih dari 15 juta pengguna baru, sementara Bitcoin mengikuti di posisi ketiga.

Perbandingan Pertumbuhan Pengguna

pengguna polygon 2023
Sumber: X

Polygon dan Ethereum menjadi bintang dalam laporan terbaru yang dirilis oleh firma analitik blockchain Flipside. Kedua jaringan ini berhasil menarik lebih dari 15 juta pengguna baru masing-masing di tahun 2023.

Baca juga: Terobosan Polygon zkEVM: Upgrade Etrog Siap Mengguncang Dunia Crypto!

Polygon, dengan 15,24 juta pengguna baru, hampir menyamai Ethereum yang memiliki 15,4 juta pengguna baru. Flipside mendefinisikan pengguna baru sebagai seseorang yang melakukan setidaknya dua transaksi pada blockchain tertentu, dengan salah satunya terjadi di tahun 2023. Polygon memulai tahun dengan keunggulan, mendapatkan 2,8 juta pengguna baru pada Januari.

Ini merupakan lebih dari 40% dari total pengguna baru yang diperoleh Polygon sepanjang tahun. Namun, Ethereum berhasil mengambil alih keunggulan di paruh kedua tahun, menunjukkan pertumbuhan yang konsisten.

Analisis Tren Pengguna

Menurut Flipside, total ada 62 juta pengguna baru yang tercatat dari delapan blockchain yang dilacak. Pertumbuhan pengguna baru mencapai puncaknya pada bulan Mei, namun kemudian mengalami penurunan secara bertahap. Kondisi ini bertepatan dengan kejatuhan Silicon Valley Bank pada Maret, yang mungkin telah mengguncang kepercayaan terhadap entitas terpusat dan mendorong perpindahan ke alternatif penyimpanan terdesentralisasi.

Meskipun Polygon memimpin di awal tahun, Ethereum tidak tergoyahkan di paruh kedua tahun. Sementara itu, Base, yang diluncurkan pada Agustus 2023, memulai dengan kuat tetapi mengalami penurunan volume pengguna di bulan-bulan terakhir tahun. Hal ini mungkin disebabkan oleh kembalinya antusiasme pada jaringan yang lebih mapan menjelang akhir tahun.

Baca juga: 5 Fakta Staking Ethereum 2.0 di Tahun 2024: Peluang Menguntungkan Menanti?

Polygon: Kuda Hitam di Industri Blockchain

Polygon alami kenaikan aktivitas
Sumber: Funganomics

Polygon mungkin tidak sepopuler Ethereum atau Bitcoin dalam pemberitaan, namun performanya di tahun 2023 tidak bisa dianggap remeh. Jaringan ini berhasil menunjukkan ketahanan dan kemampuan bersaing yang luar biasa, dengan pertumbuhan pengguna yang konsisten. Polygon memulai tahun dengan prestasi mengesankan, mendapatkan 2 juta pengguna baru hanya dalam bulan Januari.

Sementara itu, Avalanche hanya mendapatkan 2,5 juta pengguna baru, dengan sebagian besar pertumbuhan terjadi pada bulan Mei dan Juni. Meskipun mengalami fluktuasi, pertumbuhan pengguna Avalanche tetap rendah dibandingkan dengan jaringan lain. Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan pengguna Avalanche lebih bergantung pada event dan katalis tertentu daripada penemuan organik.

Pada akhirnya, Polygon telah membuktikan diri sebagai kekuatan yang tidak boleh diabaikan dalam persaingan di dunia blockchain. Dengan pertumbuhan pengguna yang mengesankan di tahun 2023, Polygon menegaskan posisinya sebagai salah satu jaringan blockchain terdepan.

Kinerja ini tidak hanya menandakan keberhasilan Polygon tetapi juga menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh industri crypto untuk terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: