Gandeng Polygon, Immutable Memperluas Ekosistem Game Web3 Dengan Zero Knowledge

author:

Gandeng Polygon, Immutable Memperluas Ekosistem Game Web3 Dengan Zero Knowledge

Aktif dalam melakukan pembaruan dan berkolaborasi, kini Immutable, platform pengembang game Web3, dan Polygon Labs, protokol blockchain, dilaporkan menjalin kerja sama strategis untuk meningkatkan inovasi dan pengembangan game Web3.

Wih! Kira-kira, akan jadi seperti apa ya?

Immutable Gunakan Zero-Knowledge Polygon

Immutable Pakai Zero Knowledge
Sumber: NFT News Pro

Menurut siaran pers pada Senin (20/3/23), Immutable mengumumkan akan memperkuat produk platformnya dengan menggunakan teknologi zero-knowledge milik Polygon untuk menyederhanakan proses penerimaan studio game dan pengembang di Web3, mengutip dari laman Coindesk.

Lebih lanjut, aliansi ini berfokus untuk membuat game yang mendukung Web3 menjadi lebih cepat, lebih mudah, dan lebih kecil risiko bagi studio game yang lebih besar dan pengembang independen yang terlibat.

Terkait hal ini, Robbie Ferguson, selaku salah satu pendiri dan presiden Immutable, mengatakan

“Bagi kami, ini adalah aliansi yang sangat jelas. Kami menyadari keterbatasan penskalaan Ethereum, tetapi kami tidak pernah ingin bersaing dengannya.”

Lebih lanjut, Tech Crunch (20/3/23) melaporkan bahwa Polygon Labs akan membantu Immutable menghindari kemacetan dan biaya Ethereum tanpa harus membangun alternatifnya sendiri.

Baca juga: Prediksi Harga Immutable X(IMX) 2023, 2025, dan 2030: Harga IMX Berpotensi Naik dalam Waktu Dekat?

Masing-masing dari presiden Immutable dan Polygon Labs, yakni Ferguson dan Ryan Watt membeberkan bahwa pada tahun lalu, game yang dibuat di kedua platform ini telah menerima sekitar $2 miliar atau Rp30,7 triliun dalam bentuk pendanaan dari investor.

“Bagi saya, ini seperti evolusi berikutnya dari adopsi arus utama. Nantinya, Anda sudah mulai melihat game blockchain dengan ketepatan yang lebih tinggi.” ungkap presiden Polygon Labs, Watt.

Memuji teknologi zkEVM dari Polygon, bagaimana harapan Immutable terhadap kolaborasi ini?

Harapan Immutable Terhadap Aliansi Ini

Immutable Game Web3
Sumber: blockbuild.africa

Mengutip dari Coindesk, Ferguson mengatakan bahwa melalui penggabungan platform game Web3 nomor satu, yang saat ini melayani ratusan studio game dan jutaan pemain, dengan teknologi zkEVM terbaik di kelasnya dari Polygon, mereka berharap dapat membangun ekosistem game yang berpusat pada Ethereum, yang siap menjadikan Web3 sebagai arus utama dan membawa kepemilikan digital kepada jutaan orang di seluruh dunia.

Tujuan ini dilatarbelakangi oleh “miliaran dolar skin terjual setiap tahun tanpa hak bagi pemain, jadi kami ingin mengubahnya sehingga pemain memegang kendali dan kepemilikan,” ucap Ferguson, Senin (20/3/23).

Dikatakan aktif melakukan peningkatan dan kolaborasi, apa saja yang telah dilakukan keduanya?

Baca juga: Domain .polygon Resmi Diluncurkan, Lebih Oke Daripada .com?

Perkembangan yang Dilakukan Immutable dan Polygon

Hingga saat ini, baik Immutable maupun Polygon telah berfokus untuk mengembangkan industri game Web3 yang sedang naik daun dengan serangkaian alat baru dan kemitraan utama yang mernarik untuk diulas.

Pada bulan Juni 2022, sebuah laporan mencatat Immutable meluncurkan dana ventura senilai $500 juta atau setara dengan Rp7,6 triliun untuk game Web3, sementara Polygon telah meluncurkan unit bisnis yang ditujukan untuk memajukan game Web3 pada bulan Juli tahun lalu.

Baru-baru ini, Immutable juga telah meluncurkan sistem paspor all-in-one pada bulan Januari 2023 guna mempermudah proses masuk dan manajemen bagi para gamer Web3.

Di sisi lain, Polygon telah mencetak daftar kemitraan yang mengesankan, termasuk dengan Nike, Reddit, dan Starbucks, dan baru-baru ini, Polygon mengumumkan telah bermitra dengan Square Enix, perusahaan di balik video game Final Fantasy, untuk mengembangkan proyek non-fungible token (NFT).


Referensi: