Polkadot Siap Mengubah Dunia Blockchain, Apa Proyek Kedepannya?

Polkadot Siap Mengubah Dunia Blockchain, Apa Proyek Kedepannya?

Dalam perkembangan terbaru di industri blockchain, Polkadot, yang dikenal dengan sistem parachain inovatifnya, siap untuk mengalami perubahan mendasar. Perubahan ini, yang diungkapkan oleh Fabian Gompf, CEO baru Web3 Foundation, menandai babak baru dalam evolusi blockchain.

Artikel ini akan membahas detail transformasi tersebut, implikasinya bagi ekosistem Polkadot, dan tantangan serta peluang yang ada di depan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perubahan Paradigma dalam Infrastruktur Polkadot

Inti dari perubahan yang akan datang terletak pada transisinya dari sistem lelang slot parachain yang ada ke mekanisme baru yang dikenal sebagai Agile Coretime. Peningkatan ini, yang dijadwalkan akan diluncurkan di Rococo testnet pada akhir tahun ini dan diharapkan mencapai mainnet pada kuartal kedua tahun depan, adalah bagian dari visi yang lebih luas dari Polkadot 2.0.

Visi ini pertama kali diuraikan oleh Gavin Wood, pendiri blockchain, pada konferensi Polkadot Decoded pada bulan Juni. Agile Coretime dirancang untuk merevolusi bagaimana pengembang aplikasi memanfaatkan ruang blok. Dalam sistem saat ini, aplikasi di Polkadot harus berpartisipasi dalam lelang untuk mengendalikan parachains untuk penggunaan ruang blok sementara.

Peningkatan baru ini akan memungkinkan pembangun untuk memesan ruang blok secara massal atau mengaksesnya secara instan, tergantung pada kebutuhan mereka. Perubahan ini diharapkan dapat membuat ruang blok menjadi aset yang dapat dikomoditaskan, yang dapat ditokenisasi, dijual, dan diperdagangkan, menawarkan fleksibilitas dan efisiensi yang lebih besar bagi pengembang.

Baca Juga: Polkadot Bersiap untuk Revolusi Baru: Polkadot 2.0 dan Dampaknya pada Harga DOT

Penguatan Ekosistem: Peningkatan Pendanaan dan Desentralisasi

Untuk merangsang aktivitas dan pertumbuhan dalam ekosistem Polkadot, Gompf telah mengumumkan Program Masa Depan Desentralisasi. Inisiatif ini, yang dimulai pada 16 November, akan menyediakan $20 juta dan 5 juta DOT (sekitar $45 juta) untuk tim yang membangun di Polkadot.

Program ini bertujuan untuk beralih dari pengawasan sentralisasi protokol ke struktur yang lebih desentralisasi. Gompf menekankan bahwa langkah ini adalah tentang memberdayakan komunitas dengan menyediakan alat dan pendanaan yang diperlukan untuk mengambil tanggung jawab dan membangun secara efektif.

Tujuannya adalah untuk mengalokasikan semua dana secara agresif dalam setahun ke depan ke tim dari berbagai ukuran dan disiplin, dengan fokus pada mereka yang mampu mencapai skala dan kemandirian. Pendanaan ini dilihat sebagai langkah penting dalam meningkatkan aktivitas on-chain dan menarik lebih banyak pengembang dan aplikasi ke platform.

Polkadot berada di titik penting dalam perjalanannya. Pengenalan Agile Coretime dan pendanaan signifikan untuk proyek pengembangan mewakili lompatan besar dalam evolusinya. Meskipun jalan ke depan tidak tanpa tantangannya, perubahan strategis dan kepemimpinan Web3 Foundation di bawah bimbingan Gompf menandakan masa depan yang menjanjikan untuk Polkadot.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: