Polkadot Luncurkan Upgrade JAM dan Hadiah 10 Juta DOT untuk Meningkatkan Jaringan!

author:

Polkadot Luncurkan Upgrade JAM dan Hadiah 10 Juta DOT untuk Meningkatkan Jaringan!

Jakarta, Pintu News – Polkadot, protokol blockchain yang berfokus pada interoperability, baru saja mengumumkan upgrade jaringan besar-besaran yang disebut Join-Accumulate Machine (JAM).

Upgrade ini bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas, keamanan, dan desentralisasi jaringan Polkadot.

Polkadot Perkenalkan Upgrade JAM

Sumber: X

Gavin Wood, pendiri Polkadot, memperkenalkan upgrade JAM dalam sebuah presentasi di konferensi crypto Token2049 di Dubai.

Baca juga: Peluncuran Runtime Upgrade Polkadot (DOT) Sebabkan Hal Tak Terduga Terjadi, Ada Apa?

Upgrade terbaru ini bertujuan untuk menggantikan relay chain, yang bertindak sebagai rantai data pusat di jaringan Polkadot, dengan desain yang lebih modular dan minimalis. Hal ini akan memungkinkan Polkadot untuk menjalankan layanan generik dan meningkatkan stabilitas jaringan.

Layanan parachains dalam JAM akan mendukung parachains berbasis Substrate yang sudah ada, memungkinkan pengembang untuk terus menggunakan Substrate untuk mengembangkan dan menyebarkan blockchain mereka.

Lebih lanjut, layanan ini tidak memiliki batasan yang ditentukan sebelumnya pada kode, data, atau kapasitas state dan dapat mengakomodasi setoran DOT tambahan untuk peningkatan kapasitas.

Fitur-Fitur Utama Upgrade JAM

Desain JAM mencakup beberapa peningkatan teknis yang signifikan.

Pertama, JAM menggantikan WebAssembly dengan Polkadot Virtual Machine (PVM) yang berbasis pada RISC-V ISA, sebuah arsitektur set instruksi (instruction set architecture) open-source yang digunakan untuk mengembangkan prosesor khusus.

Kedua, JAM memperkenalkan SAFROLE, sebuah algoritma produksi blok berbasis SNARK. Peningkatan ini dirancang untuk mengoptimalkan kinerja dan skalabilitas dalam jaringan Polkadot.

Selain itu, JAM juga memperkenalkan konsep global singleton permissionless object environment, yang mirip dengan lingkungan smart contract Ethereum, yang dipasangkan dengan komputasi sideband aman yang diparalelkan melalui jaringan node yang skalabel.

Baca juga: Polkadot Luncurkan SDK Baru untuk Unity: Revolusi Pengembangan Game Web3!

Hal tersebut memungkinkan Polkadot untuk menjadi komputer dunia multi-inti sejati yang mampu menangani semua jenis layanan atau aplikasi tanpa masalah skalabilitas, keamanan, atau efisiensi.

Desentralisasi dan Hadiah Implementer JAM

Salah satu tujuan utama upgrade JAM adalah untuk meningkatkan desentralisasi jaringan Polkadot. Untuk mencapai hal ini, Polkadot berencana untuk mendukung beberapa implementasi klien.

Selain itu, Polkadot juga telah mengumumkan hadiah Implementer JAM sebesar 10 juta DOT untuk mendorong dan mendanai proyek-proyek yang berkontribusi pada pengembangan implementasi JAM. Hadiah ini akan diaktifkan ketika JAM diratifikasi sebagai teknologi Polkadot melalui mekanisme tata kelola on-chain jaringan.

Hadiah Implementer JAM dirancang untuk mengkatalisasi pengembangan JAM dengan mendanai dan mendukung proyek-proyek yang berkontribusi pada pengembangan implementasi JAM sejak awal.

Polkadot percaya bahwa mendukung berbagai implementasi dalam berbagai bahasa pemrograman akan memperkuat fondasi ekosistem, mendistribusikan kekuatan pelaksana protokol secara lebih luas, dan mengurangi risiko bug dalam satu implementasi yang dapat menjatuhkan seluruh jaringan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Securities.io