Berantas Kejahatan Crypto, Polisi Kanada Manfaatkan Teknologi Chainalysis

author:

Berantas Kejahatan Crypto, Polisi Kanada Manfaatkan Teknologi Chainalysis

Dalam upaya meningkatkan investigasi terhadap kejahatan crypto, kepolisian Kanada kini telah mengadopsi perangkat lunak khusus untuk melacak transaksi blockchain. Dengan bantuan teknologi Chainalysis, polisi memiliki kemampuan untuk melacak transaksi, mengidentifikasi tersangka, dan menentukan di mana dana telah disetorkan.

Chainalysis Reactor: Mata Elang Baru Kepolisian Kanada

kerja sama chainalysis dengan polisi kanada
Sumber: Chainalysis Blog

Menurut laporan dari Lethbridge Herald, kepolisian telah mendapatkan akses ke perangkat lunak Chainalysis Reactor. Program ini memungkinkan pelacakan mata uang crypto dari titik asal hingga disetorkan di bursa.

Baca juga: Perangi Kejahatan Crypto, NCA Inggris Perketat Regulasi dengan Perekrutan Investigator Baru

Seorang petugas yang dilatih sebagai penyelidik analisis blockchain menekankan pentingnya perangkat lunak ini. Sebelum adanya teknologi ini, lembaga di seluruh Kanada seringkali mengalami hambatan saat menemukan adanya penipuan yang melibatkan aset digital.

“Kami biasanya menemui jalan buntu saat menentukan adanya penipuan yang melibatkan aset digital,” ungkap salah satu petugas.

Kemitraan Chainalysis dan Kepolisian Calgary

Kemitraan antara Chainalysis dan Calgary Police Service dimulai pada April 2023. Pada saat itu, perusahaan mengumumkan peluncuran Western Canada Cryptocurrency Investigations Centre, yang berfokus pada kejahatan yang melibatkan blockchain.

Kanada menduduki peringkat 22 dalam Indeks Adopsi Crypto Global Chainalysis 2022, naik dari peringkat 26 pada 2021 dan 24 pada 2020. Pada tahun yang sama, untuk setiap 1.000 warga Kanada, setidaknya ada eksposur total sebesar $1,144 dolar Kanada terhadap aktivitas crypto yang ilegal.

Pada bulan Agustus 2023, Bank of Canada melaporkan penurunan kepemilikan Bitcoin dan crypto lainnya di negara tersebut. Pada akhir 2022, hanya 10,1% warga Kanada yang memiliki Bitcoin, turun dari 13,1% pada 2021.

Baca juga: Cegah Kejahatan Crypto, Korea Selatan Luncurkan Unit Investigasi Khusus

Tantangan dan Harapan di Masa Depan

Meskipun teknologi ini memungkinkan LPS untuk melacak transaksi dan mengidentifikasi tersangka, mengadili penipu masih menjadi tantangan. Namun, dengan teknologi ini, polisi dapat menulis perintah produksi untuk mengumpulkan informasi tentang pemegang akun.

Sergeant Talbot dari Lethbridge Police Service mengakui bahwa kepolisian masih dalam tahap awal pemanfaatan teknologi Chainalysis Reactor. Meskipun demikian, dia telah menikmati “keberhasilan 100% dalam melacak dana ke bursa crypto”.

“Fokus kami dalam investigasi ini adalah dua lipat. Kami ingin mengadili seseorang, tetapi seringkali pelaku berada di luar negeri, yang membuatnya sedikit lebih sulit untuk diadili.” Kata Talbot.

Dengan adopsi teknologi Chainalysis, Kanada telah menunjukkan komitmennya dalam memerangi kejahatan crypto. Meskipun masih ada tantangan yang harus dihadapi, langkah ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya melindungi warganya dari aktivitas ilegal di dunia crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: