Poin: Alternatif Lebih Baik dari ICO dan Yield Farming dalam Adopsi Crypto

Poin: Alternatif Lebih Baik dari ICO dan Yield Farming dalam Adopsi Crypto

Dunia kripto terus berkembang, dan dengan itu muncul berbagai metode penggalangan dana dan keterlibatan pengguna. Dua metode yang paling umum adalah Initial Coin Offering (ICO) dan yield farming. Namun, keduanya memiliki tantangan tersendiri. Mantan CEO BitMEX dan kepala investasi Maelstrom, Arthur Hayes, mengusulkan metode baru yang disebut “poin” sebagai alternatif yang lebih baik. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Tantangan ICO dan Yield Farming

ICO memungkinkan jutaan investor ritel untuk membeli token proyek, memberi mereka kesempatan untuk berinvestasi lebih awal dalam inovasi potensial baru. Namun, ICO juga menarik rintangan peraturan.

Regulator dapat menganggap penjualan token kepada ritel sebagai “sekuritas” dan mengharuskan proyek untuk melakukan berbagai hal yang tidak diinginkan. Di sisi lain, yield farming memungkinkan pengguna mendapatkan token untuk menggunakan protokol.

Namun, jika dilakukan terlalu agresif, hal ini dapat menyebabkan inflasi pasokan token yang terbatas dengan sangat cepat. Akibatnya, harga token bisa jatuh, membuat pengguna tidak lagi memiliki insentif untuk menggunakan protokol.

Baca Juga: Arthur Hayes: Bitcoin dan Ethereum, Pelindung Aset di Tengah Guncangan Ekonomi Global!

Poin: Alternatif yang Lebih Baik

points guard
Sumber: Akun X Arthur Hayes

Hayes mengusulkan program poin sebagai cara baru bagi proyek untuk melakukan pemasaran gerilya. Alih-alih langsung memberikan token kepada pengguna untuk menggunakan protokol, yang mengarah pada “jadwal emisi token yang agresif,” proyek dapat memberikan poin untuk partisipasi dalam protokol yang dapat dikonversi menjadi token sesuai keinginan pengguna

Hayes percaya bahwa pendekatan ini tidak akan dianggap sebagai kontrak antara proyek dan pengguna untuk hadiah nyata di masa depan dan tidak menyediakan bentuk pertukaran fiat atau kripto antara proyek dan pengguna. Ini menunjukkan bahwa regulator berpotensi menganggap penggunaan poin dapat diterima.

Baca Juga: Strategi Besar di Balik ETF Bitcoin, Arthur Hayes Ungkap Hal Ini!

Potensi Penyalahgunaan dan Kepercayaan

Meskipun poin mungkin merupakan metode yang menjanjikan untuk digunakan untuk proyek kripto, Hayes mengakui potensinya untuk disalahgunakan. Hayes menunjukkan bahwa program poin mungkin hanya efektif jika ada tingkat kepercayaan yang tinggi antara proyek dan pengguna.

Namun, Hayes menulis bahwa akan ada aktor jahat yang akan menyalahgunakan kepercayaan tersebut. Eksekutif percaya ini mungkin “membunuh poin” sebagai alat untuk keterlibatan pengguna dan penggalangan dana.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi