Sekarang, Dengerin Podcast Bisa Dapat Bitcoin Gratis Lewat “Listen-to-Earn”?

author:

Sekarang, Dengerin Podcast Bisa Dapat Bitcoin Gratis Lewat “Listen-to-Earn”?

Sejak cryptocurrency semakin populer, kini beberapa platform mulai menghadiahi pengguna setianya dengan aset crypto terkemuka. Baru-baru ini, terjadi kesepakatan antara Fountain dan perusahaan ZEBEDEE, yang memungkinkan para podcaster memberi hadiah mata uang crypto kepada para pendengarnya, menurut laporan Decrypt (24/1/23). Wih! Gimana ya caranya? Simak hingga akhir.

Kerja sama ZEBEDEE dan Fountain

Zebedee dan Fountain
Sumber: Zebedee Blog

Dilansir oleh Decrypt, model pendapatan podcasting sekarang ini mulai mengadopsi Bitcoin. Karen ingin memperluas jejaknya di luar dunia game, perusahaan pembayaran mobile, ZEBEDEE, mengumumkan kemitraannya dengan platform podcast “listen-to-earn”, Fountain, pada Selasa (24/1/23). Kerja sama yang terjalin ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pendengar ataupun podcaster untuk mendapatkan Bitcoin dengan menggunakan aplikasi.

Mengenai kerja samanya, Ben Cousens, selaku kepala strategi ZEBEDEE, menyatakan “Dengan kemitraan ini, kami mendukung jenis model bisnis dan aktivitas ekonomi baru, tidak hanya untuk bidang pembayaran, tetapi untuk bidang lainnya”.

ZEBEDEE Terkenal Dengan Game “Play-to-Earn”

Zebedee Play-to-Earn

Diluncurkan pada bulan Oktober 2019, ZEBEDEE adalah perusahaan game yang berpusat pada Bitcoin, dengan cara merilis game melalui aplikasi selulernya. Baru-baru ini, ZEBEDEE meluncurkan dua game play-to-earn baru, yakni Bitcoin Chess dan Bitcoin Scratch, sebuah game kartu gosok digital dengan studio game mobile Viker.

Dengan game jenis play-to-earn, pengguna dapat memainkan game online dan menerima hadiah dengan hadiah yang bernilai di dunia nyata. Sama halnya seperti game yang telah dirilis, listen-to-earn bertujuan untuk melakukan hal yang serupa untuk para podcaster, menciptakan hubungan langsung antara podcaster dengan pendengarnya, dan memungkinkan para pendengar untuk mendapatkan Bitcoin.

Alih-alih kampanye iklan yang mahal dan luas, model listen-to-earn dibuat bagi para pendengar yang benar-benar ingin mendengar.

“Ketika uang bergerak semulus informasi, atau dalam hal ini, audio, maka hal ini akan membuka banyak kemungkinan. Kami senang bisa merintis hal ini (listen-to-earn) di dunia podcasting bersama Fountain,” ujar Cousens.

Baca juga: Populer di Korea, Game Web3 Jaringan Aptos Ini Diunduh 4 Juta Gamers dalam Setahun!

Detail Mengenai Podcast “Listen-to-Earn”

Podcast Listen to Earn Bitcoin

Menurut laporan, Fountain sudah meluncurkan program listen-to-earn pada bulan Juni 2022. Program ini memungkinkan para pendengar dan podcaster mendapatkan imbalan atas “nilai” yang mereka berikan. Selain itu, pengguna Fountain juga akan mendapatkan uang untuk satu jam pertama mendengarkan podcast harian mereka.

Untuk menarik para pendengar, platform ini menggunakan umpan RSS untuk membuat podcast dari platform lain tersedia bagi para pendengarnya. Dengan menggunakan aplikasi Fountain untuk mendengarkan podcast favorit, pengguna mendapatkan sejumlah Bitcoin, yang disebut “sats” atau satoshi, yang diambil dari nama pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto.

Peran ZEBEDEE di sini adalah untuk mencairkan aset pendengar ketika mereka siap untuk melakukan penarikan.

“Pertukaran Value for Value seperti ini adalah masa depan pembuatan konten,” ujar pendiri dan CEO Fountain, Oscar Merry, dalam sebuah siaran pers.

Sementara itu, laporan dari Cointelegraph (25/1/23), menyatakan bahwa melalui kemitraan dengan ZEBEDEE, pengguna tidak perlu jago tentang mata uang crypto untuk mengambil keuntungan dari hadiah.

CEO Fountain mengatakan bahwa melalui penggunaan Bitcoin Lightning Network, pembayaran instan, tanpa izin, dan biaya rendah dapat diprogram dengan baik dalam aplikasi Fountain.


Referensi: