Platypus Finance Bangkit dari Serangan, Pulihkan 90% Aset yang Dicuri!

Platypus Finance Bangkit dari Serangan, Pulihkan 90% Aset yang Dicuri!

Dalam sebuah kejadian yang mengejutkan, Platypus Finance, protokol DeFi (Decentralized Finance), berhasil memulihkan 90% aset yang dicuri dalam serangan keamanan minggu lalu.

Dengan keberhasilan ini, kerugian bersih platform ini terbatas pada 18.000 token Avalanche [AVAX], setara dengan Rp2,5 miliar pada saat pengumuman ini dibuat.

Serangan dan Pemulihan

Serangan keamanan terjadi pada 12 Oktober, ketika pembuat pasar otomatis yang beroperasi di blockchain Avalanche menjadi sasaran tiga serangan flash loan terpisah.

Serangan jahat ini berhasil menguras sekitar Rp33,5 miliar dari protokol, menandai kerugian yang signifikan.

Baca Juga: Olympix, Perusahaan Keamanan Web3 yang Didukung AI, Sukses Kumpulkan Dana $4,3 Juta!

Namun, dengan cepat Platypus Finance bertindak dengan menangguhkan semua kolam likuiditas dan meluncurkan audit keamanan yang komprehensif. Yang menarik, pencuri secara sukarela mengembalikan aset yang dicuri.

Dalam langkah yang patut dicatat, Platypus Finance mengumumkan keputusannya untuk tidak mengejar tindakan hukum terhadap peretas. Ini mungkin diinterpretasikan sebagai tindakan berkat pengembalian dana tersebut.

Serangan Berulang dan Rencana Pemulihan

perusahaan crypto belanda
Sumber: Reuters

Kejadian ini bukanlah kasus yang terisolasi, karena ini menandai serangan ketiga terhadap Platypus tahun ini. Pada bulan Juli, protokol mengalami serangan flash loan lain yang menguras Rp2,3 miliar.

Serangan sebelumnya pada bulan Februari jauh lebih merusak, dengan protokol DeFi menjadi korban eksploitasi sebesar Rp127,5 miliar. Setelah serangan Februari, Platypus Finance merumuskan rencana pemulihan. Mereka berjanji untuk mengembalikan setidaknya 63% aset yang hilang kepada pengguna.

Negosiasi dengan Peretas Meningkat

Bursa yang diretas kini semakin sering mencapai kesepakatan dengan peretas daripada melapor ke penegak hukum. Huobi Global, bursa crypto berhasil memulihkan Rp120 miliar dalam Ethereum [ETH] yang dicuri setelah negosiasi dengan peretas.

Dalam banyak kasus, kesepakatan dicapai di mana sebagian besar dana dikembalikan, dan sejumlah uang diberikan kepada peretas sebagai bagian dari penyelesaian.

Paragraf Penutup

Meski serangan-serangan ini menunjukkan kerentanan dalam sistem DeFi, namun respons cepat dan efektif dari Platypus Finance menunjukkan bahwa protokol ini mampu menghadapi tantangan tersebut.

Baca Juga: NvirWorld Gandeng Certik untuk Tingkatkan Keamanan Platform DeFi!

Dengan pemulihan aset yang signifikan dan keputusan untuk tidak mengejar tindakan hukum, Platypus Finance menunjukkan komitmennya untuk melindungi pengguna dan aset mereka.

Referensi