Platform Digitalisasi Pasar Karbon dengan Teknologi Blockchain, Inovasi Baru!

Platform Digitalisasi Pasar Karbon dengan Teknologi Blockchain, Inovasi Baru!

Dalam upaya memerangi perubahan iklim, sebuah inisiatif canggih telah diluncurkan di Konferensi Perubahan Iklim PBB 2023 atau COP28. Envision Blockchain, bekerja sama dengan HBAR Foundation dan Swirlds Labs, memperkenalkan platform Managed Guardian Service yang berbasis blockchain untuk memodernisasi pasar kredit karbon.

Platform ini menjanjikan transparansi dan efisiensi yang lebih tinggi dalam pelaporan dan verifikasi proyek-proyek lingkungan.

Kolaborasi Strategis untuk Revolusi Hijau

Envision Blockchain telah menggandeng HBAR Foundation dalam langkah terbarunya untuk mendigitalisasi pasar karbon. Kolaborasi ini menghasilkan platform Managed Guardian Service (MGS) yang inovatif, berfokus pada kerangka kerja digital measurement, reporting, and verification (dMRV).

Platform ini dirancang untuk mengubah cara kita mengatasi masalah perubahan iklim secara global. Platform MGS yang baru ini akan menggunakan teknologi distributed ledger dari Hedera Hashgraph dan mata uang digitalnya, HBAR. Dengan demikian, platform ini diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dalam menangani tantangan perubahan iklim.

Baca Juga: Gara-gara Elon Musk, Dogecoin Pangkas Emisi Karbon Hingga 25%?

Envision Blockchain menekankan bahwa MGS akan memanfaatkan kecerdasan buatan dan fitur pencarian terpandu untuk memudahkan akses ke metodologi Clean Development Mechanism (CDM) dan standar lainnya di pasar karbon.

Fitur Canggih untuk Pasar Karbon yang Lebih Baik

Perdagangan Karbon di Indonesia, Gimana Jadinya?
Earth.Org

Platform MGS tidak hanya tentang digitalisasi dan pelaporan metrik pasar karbon, tetapi juga tentang memberikan nilai tambah yang signifikan. Envision Blockchain telah merancang fitur Perbandingan Data Proyek yang memungkinkan pengguna untuk membandingkan data yang direkam sebagai Verifiable Credentials (VCs).

Fitur ini mendukung spesifikasi dMRV Versi 2 dari Global Blockchain Business Council (GBBC), yang memastikan keaslian informasi proyek. Selain itu, ‘property fields’ dalam VCs akan menyediakan titik data kritis yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang data proyek dalam satu tempat.

Tim proyek dan pengguna akan dapat mengatasi masalah penghitungan ganda, meningkatkan transparansi dan pelacakan proyek yang berfokus pada lingkungan. Ini akan memberikan keuntungan jangka panjang dengan menyediakan semua data yang diperlukan untuk membuat keputusan investasi yang cerdas pada proyek yang layak.

Paragraf Penutup

Inisiatif ini merupakan langkah maju dalam kesadaran lingkungan dan tindakan keberlanjutan yang telah menjadi fokus global selama dekade terakhir. Dengan adanya diskusi panel di COP28, para pemimpin dunia dan ahli lingkungan dapat merumuskan strategi untuk melindungi Bumi dari emisi gas rumah kaca yang terus berlangsung.

Platform MGS dari Envision Blockchain dan HBAR Foundation ini diharapkan menjadi katalis dalam perubahan positif untuk pasar karbon.

Baca Juga: UAE Gandeng Venom Foundation untuk Kembangkan Sistem Kredit Karbon dengan Teknologi Blockchain!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi