Thailand Luncurkan CBDC, Menyongsong Masa Depan Transaksi Finansial!

Thailand Luncurkan CBDC, Menyongsong Masa Depan Transaksi Finansial!

Thailand membuka babak baru dalam inovasi keuangan dengan peluncuran proyek uji coba mata uang digital bank sentral (CBDC) untuk sektor ritel. Langkah ini diperkuat dengan kolaborasi dua bank papan atas dan layanan pembayaran dari Singapura. Simak berita lengkapnya berikut ini!

CBDC, Inovasi Mata Uang Digital Masa Depan

proyek cbdc thailand
Sumber: The Crypto Times

CBDC adalah mata uang digital yang dikeluarkan oleh bank sentral suatu negara. Menurut Cointelegraph, di Thailand, uji coba ini akan diimplementasikan pada skala yang lebih besar. Peluncuran ini akan memungkinkan penggunaan CBDC dalam transaksi sehari-hari, menunjukkan transformasi besar dalam sistem pembayaran.

CBDC berfungsi seperti mata uang tradisional, namun dalam format digital. Penggunaannya akan memudahkan transaksi keuangan dan membuatnya lebih efisien. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya bank sentral Thailand untuk digitalisasi mata uang lokal.

Baca Juga: Pertama Kalinya, Bank Thailand Beri Izin Layanan Bank Virtual Untuk Aktif di Tahun 2025!

Dukungan Dua Bank Besar dan Layanan Pembayaran Singapura

Dua bank besar, Bank of Ayudhya (Krungsri) dan Thai central bank, berkolaborasi dalam proyek ini. Bank-bank ini akan berkontribusi pada pengembangan dan implementasi CBDC. Keikutsertaan mereka menunjukkan kepercayaan terhadap inovasi digital ini.

Layanan pembayaran dari Singapura juga terlibat dalam proyek ini. Keterlibatan mereka menunjukkan hubungan kerja sama regional dalam menghadapi era digital. Proyek ini juga akan menguatkan posisi Thailand dalam ekonomi digital global.

Direktur pelaksana Krungsri Innovate, Sam Tanskul, mengatakan bahwa, “Bank perlu menentukan strategi untuk membedakan CBDC ritel dengan layanan PromptPay,” dikutip dari Cointelegraph, Selasa (13/6/2023).

Baca Juga: Pemerintahnya Anti-Crypto, Thailand Malah Disebut Jadi Pusat Crypto Asia Berikutnya?

Harapan Tinggi pada Mata Uang Digital Baht

mata uang digital baht
Sumber: Coindesk

Krungsri, salah satu bank yang terlibat, sangat optimis terhadap mata uang digital Baht. Mereka percaya ini akan membuka jalan baru dalam ekonomi digital. Mata uang digital ini diharapkan meningkatkan efisiensi dan kecepatan transaksi.

Penggunaan CBDC diharapkan akan membawa sejumlah manfaat bagi ekonomi Thailand. Termasuk di dalamnya adalah peningkatan akses terhadap layanan keuangan, terutama untuk masyarakat yang belum memiliki akses ke perbankan. Maka dari itu, langkah ini dipandang sebagai langkah maju signifikan bagi ekonomi digital Thailand.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: